Cegah Karyawan Burnout Dengan Jadwal Efisien


Dalam beberapa tahun terakhir, semakin banyak perusahaan mulai memperhatikan kesejahteraan karyawan mereka. Burnout berubah dari sebuah konsep yang biasanya tidak dibahas di tempat kerja karena stigma yang kuat bahwa itu hanya kemalasan, menjadi masalah yang sangat nyata yang diakui dengan baik oleh manajemen.

Ada banyak faktor yang dapat membantu menghindari burnout pada karyawan: mempromosikan work-life balance, menawarkan lebih jam istirahat yang lebih lama, memantau beban kerja dan jadwal. Memang, jadwal yang direncanakan dengan matang tidak diragukan lagi merupakan salah satu metode terpenting untuk mencegah kejenuhan karyawan.

Pada artikel ini kita akan berbicara tentang bagaimana mencegah burnout pada karyawan dan meningkatkan kepuasan kerja dengan manajemen jadwal kerja yang efisien.

Bagaimana cara membuat jadwal kerja yang efisien?

Penjadwalan staf adalah tugas yang tidak rutin bagi manajer dan pemilik bisnis. Hal ini dapat menjadi tantangan, tapi juga secara akurat mengantisipasi kebutuhan staf dan memaksimalkan produktivitas sembari tetap berlaku adil kepada karyawan.

Berikut adalah beberapa tips tentang apa yang perlu diingat ketika ingin membuat jadwal kerja yang efisien.

Rencanakan di awal

Perencanaan di awal merupakan kunci untuk penjadwalan yang efisien untuk karyawan Anda.

Lihat data penjualan/jumlah pelanggan secara historis untuk periode ini, untuk memastikan bahwa Anda tidak kekurangan staf selama jam-jam tersibuk Anda, dan tidak memiliki terlalu banyak pekerja untuk shift yang tidak terlalu sibuk. Gunakan data sebelumnya untuk mempertimbangkan apakah Anda membutuhkan lebih banyak staf pada akhir pekan, larut malam, atau hari libur.

Clockster menawarkan berbagai pengaturan untuk membuat jadwal: mengatur jadwal untuk suatu periode atau hanya untuk tanggal tertentu; mengatur waktu mulai dan akhir yang tepat dari hari kerja atau hanya jumlah jam kerja. Fitur Jadwal yang sangat dapat disesuaikan dan mudah digunakan akan membuat perencanaan ke depan menjadi lebih mudah.

Ukur ketersediaan karyawan Anda

Pastikan Anda tahu berapa banyak pekerja yang dapat Anda andalkan untuk jangka waktu tertentu. Penting juga untuk mengetahui kapan staf Anda lebih suka dijadwalkan. Cara termudah untuk melakukannya adalah dengan menggunakan aplikasi penjadwalan yang memungkinkan karyawan melihat dan memilih shift yang paling nyaman bagi mereka.

Shift Terbuka Clockster adalah sarana yang sempurna untuk tujuan ini. Dengan fitur ini hanya dibutuhkan beberapa klik untuk membuat shift dan menentukan jumlah pekerja yang dibutuhkan. Anda tidak perlu menugaskan siapa pun: undang staf Anda untuk mengisi shift sesuai dengan kenyamanan mereka.

Bersiap untuk kemungkinan perubahan

Apa pun dapat berubah dalam hitungan detik, dan itu berlaku baik untuk bisnis maupun karyawan. Siapa pun dapat mengalami force majeure dan terkadang karena alasan yang berbeda, anggota staf mungkin tidak dapat hadir untuk shift mereka.

Kuncinya di sini adalah komunikasi. Pastikan bahwa karyawan Anda dapat dengan cepat dan mudah menyampaikan informasi tentang ketidakhadiran mereka sehingga Anda memiliki waktu untuk mencari karyawan lain untuk menggantikan mereka.

Dengan sistem Permintaan & Cuti Clockster, setiap karyawan dapat meminta cuti yang tidak dibayar atau cuti sakit, hari libur sebelumnya.

jadwal efisien

Pastikan karyawan Anda memiliki akses ke jadwal mereka

Akan menjadi lebih mudah jika setiap karyawan dapat mengakses, melihat, dan menyesuaikan jadwal mereka. Beri karyawan pilihan untuk mengomunikasikan preferensi mereka. Pendekatan ini akan membuat staf Anda merasa lebih nyaman dan mengendalikan waktu mereka sehingga mengurangi stres dan mencegah burnout.

Setiap karyawan dapat dengan mudah mengakses jadwal mereka dan mengirimkan permintaan terkait jadwal kapan saja di aplikasi mobile Clockster.

Dengan adanya sistem notifikasi Clockster karyawan akan selalu up to date dengan setiap perubahan jadwal.


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *