Benefit Adalah: Pengertian, Bentuk & Jenisnya untuk Karyawan


![Benefit adalah.jpg](https://clockster-blog.storage.yandexcloud.net/Benefit_adalah_fedfb59443.jpg)

Dalam kehidupan sehari-hari, pastinya mayoritas dari Anda sudah tidak asing lagi dengan kata benefit. Khususnya di dunia kerja, benefit adalah hal yang wajar dan seharusnya didapat oleh pegawai dari perusahaan.

Tetapi banyak yang menyamakan pengertian benefit karyawan dan kompensasi. Nyatanya, kedua hal tersebut memiliki sedikit perbedaan. Di samping itu, benefit karyawan sendiri punya banyak bentuk dan jenis. Ketahui info lain tentang topik tersebut lewat artikel Clockster berikut ini.
## Pengertian Benefit Adalah
Benefit adalah kata bahasa Inggris yang jika diartikan ke dalam bahasa Indonesia menjadi “kebaikan, manfaat, keuntungan”. Begitupun dalam dunia karir, kurang lebih benefit adalah tambahan keuntungan yang bisa diberikan perusahaan kepada karyawan.

Pada dasarnya, benefit adalah hal yang tidak boleh diabaikan begitu saja. Karena dengan benefit lah suatu perusahaan bisa ikut menunjang kesejahteraan pegawai yang bekerja untuk memenuhi company goals itu sendiri.
## Perbedaan Benefit dan Kompensasi
Selain istilah benefit, Anda mungkin sering mendengar istilah serupa lainnya yaitu kompensasi. Apa persepsi Anda ketika mendengar kedua kata tersebut? Selama ini banyak orang yang salah mengira bahwa kompensasi dan benefit adalah hal yang sama. Tetapi ada beberapa titik perbedaan di antara keduanya.

Pengertian kompensasi adalah imbalan atas kinerja pegawai terhadap perusahaan. Sedangkan benefit adalah tambahan keuntungan lain yang diberikan perusahaan atas kontrak yang telah ditentukan.

Beberapa sumber mengatakan bahwa benefit adalah bentuk lain dari kompensasi. Hanya saja, pada umumnya bentuk benefit karyawan tidak berupa uang tunai. Tujuan keduanya pun sama yaitu untuk mengapresiasi pegawai.

Sehingga, dapat disimpulkan bahwa benefit adalah bagian dari kompensasi yang berbentuk non tunai. Contohnya seperti pendampingan asuransi ketenagakerjaan dan fasilitas lain yang menunjang kelancaran pekerjaan karyawan.
### Baca juga: <u>[Kompensasi Adalah: Pengertian, Jenis, Tujuan dan Contohnya](http://108.137.157.234/id/blog/kompensasi-adalah/)</u>
## Jenis-jenis Benefit Karyawan
Jika sebelumnya dikatakan bahwa benefit karyawan merupakan bagian dari kompensasi, lalu apa saja jenis benefit sebenarnya? Berikut ini adalah daftar jenis-jenis benefit bagi karyawan perusahaan untuk mempermudah pemahaman Anda.
### Pemahaman
Jenis pertama adalah bentuk benefit karyawan berupa pemahaman atau pengalaman. Mungkin sebelumnya Anda akan familiar dengan benefit ini ketika menjadi seorang intern/ karyawan magang di suatu perusahaan. Dengan menjadi intern, pengalaman dan ilmu pemahaman bisa Anda dapatkan langsung dari lapangan kerja.
### Transportasi dan Makan
Beberapa perusahaan juga memberikan benefit bagi karyawannya berupa transportasi dan makan. Bentuknya tentu berbeda tergantung kebijakan setiap perusahaan. Namun pada umumnya jenis jenis benefit untuk karyawan yang satu ini dibuktikan dengan pemberian kendaraan dinas atau catering makan bagi pegawai.
### Jaminan Hari Tua
Bentuk benefit jaminan hari tua biasanya dipenuhi perusahaan dengan memberikan asuransi kepada karyawan. Di Indonesia sendiri, BPJS kerap menjadi langganan karena memiliki jaminan pensiun ketenagakerjaan.
### Kesehatan
Masih berhubungan dengan asuransi, masalah kesehatan juga menjadi salah satu jenis benefit yang diberikan perusahaan. BPJS ketenagakerjaan wajib dimiliki sebuah perusahaan demi menjamin kondisi kesehatan pegawai.
### Keselamatan Kerja
Sedikit berbeda dengan jenis-jenis benefit sebelumnya, bentuk yang satu ini lebih dikhususkan untuk perusahaan dengan bidang kerja beresiko. Beberapa contohnya seperti perusahaan minyak dan gas, konstruksi, manufaktur penting untuk mengurus asuransi keselamatan kerja.
![Benefit karyawan asuransi kesehatan.jpg](https://clockster-blog.storage.yandexcloud.net/Benefit_karyawan_asuransi_kesehatan_aa7d14f98b.jpg)

## Manfaat Benefit Karyawan
Setelah mengetahui serangkaian informasi di atas, dapat disimpulkan bahwa benefit adalah aspek penting yang harus diutamakan dalam suatu perusahaan. Penerapan dan pemenuhannya akan sangat bermanfaat bagi keduanya. Lebih jelasnya, manfaat benefit adalah sebagai berikut.
### Manfaat untuk Perusahaan
Pegawai yang notabenenya adalah sumber daya terpenting dalam perusahaan tentu harus dilindungi semaksimal mungkin. Dengan pemberian benefit yang tepat, maka keberlangsungan perusahaan akan terus terjaga. Tenaga kerja yang menjadi penggerak roda perusahaan akan terus berperan aktif dan bertahan dalam pengembangan perusahaan.

Di samping itu, hal ini juga akan berpengaruh pada imej dan reputasi perusahaan. Jika sebagai pemimpin perusahaan terbukti dengan baik menjaga pegawainya, maka pandangan publik terhadap perusahaan juga akan membaik. Dengan begitu, kepercayaan yang mereka taruh terhadap perusahaan Anda juga akan semakin meningkat.
### Manfaat untuk Karyawan
Berhubungan dengan hal tersebut, karyawan jelas mendapat manfaat dari benefit yang diberikan perusahaan. Pemberian benefit menunjukkan bukti kepedulian perusahaan kepada karyawan. Dengan segala jenis benefit yang telah disebutkan, kesejahteraan sebagai karyawan akan terus terjamin selama bekerja. Segala resiko yang kemungkinan terjadi di tengah waktu Anda bekerja bisa teratasi dengan baik.

Kesimpulannya, sebagai seorang pekerja penting memahami hal-hal dasar yang berkaitan dengan benefit. Hal tersebut agar waktu yang Anda habiskan dalam sebuah company bisa membawa dampak maksimal bagi diri sendiri.

Sedang bagi perusahaan, benefit adalah salah satu bentuk penghargaan yang penting untuk dipersiapkan. Tidak ada salahnya untuk menyejahterakan karyawan yang telah bekerja keras memajukan bisnis Anda.
Clockster menghadirkan platform yang pas dan praktis bagi Anda untuk memenuhi kebutuhan manajemen human resources. Kunjungi <u>[Clockster](http://108.137.157.234/id/)</u> dan temukan fitur kami yang sesuai dengan keperluan perusahaan Anda! Semoga bermanfaat!
### Baca juga: <u>[Panduan Perhitungan Lembur & Upah sesuai Peraturan Pemerintah](http://108.137.157.234/id/blog/perhitungan-lembur/?article=true)</u>


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *