Human Resources Development: Pengertian Dan Tugasnya

human resource adalah

Sumber daya manusia menjadi salah satu aspek penting yang perlu dikelola dengan baik oleh perusahaan. Human resources adalah divisi yang biasanya mengurus keperluan manajemen tersebut.

Tugas seseorang yang termasuk dalam tim ini selalu berhubungan dengan tenaga kerja atau karyawan perusahaan. Lantas, bagaimana sebenarnya fungsi manajemen sumber daya manusia tersebut? Selengkapnya dalam ulasan Clockster berikut ini.

Definisi Human Resources

Human resources adalah isitlah yang juga dikenal sebagai HRD atau human resources department. Di mana, pengertian human resource adalah divisi yang bertugas untuk mengatur sumber daya manusia dalam perusahaan. Umumnya, lingkup tugas mereka berkaitan dengan pegawai atau anggota organisasi.

Beberapa contoh kegiatan yang mereka lakukan adalah merekrut, memantau, hingga mengevaluasi SDM. Mungkin sebagian dari Anda berpikir divisi HRD (human resource department) hanya ada di perusahaan-perusahaan besar, namun nyatanya banyak juga tingkat organisasi lain yang melibatkan tim SDM dalam operasionalisasinya.

Human Resources dan Human Capital

Seiring berkembangnya zaman, di samping harus mengenal apa itu human resources development, muncul istilah lain yaitu Human Capital. Ada irisan persamaan di antara keduanya, yaitu sama-sama berbicara tentang individu yang ada dalam perusahaan.

Meskipun begitu, terdapat perbedaan antara Human Resources Development dan Human Capital. Perbedaan HRD dan HC yang pertama adalah dari segi perspektif. Human resources adalah departemen yang mengatur SDM agar mereka bisa memenuhi target perusahaan.

Dalam hal ini, mereka memandang orang-orang tersebut sebagai sumber daya yang akan “habis” di masa depan. Dengan arti lain, semakin berumur SDM tersebut maka produktivitas yang dihasilkan semakin berkurang.

Sedangkan Human Capital menganggap SDM tersebut sebagai aset yang perlu dikembangkan. Semakin diasah skill yang dimiliki karyawan, maka akan semakin membawa keuntungan bagi perusahaan.

Perbedaan kedua dari human capital dan human resources adalah pengembangan SDM. Sekali lagi Human Capital akan semaksimal mungkin meningkatkan kemampuan karyawan agar bermanfaat bagi pengembangan perusahaan. Sedangkan HR hanya menilai dan mengevaluasi mereka semata-mata demi laba perusahaan.

Fungsi Human Resources Development

Manajemen personalia yang dilakukan human resources adalah upaya untuk terus menjalankan roda perusahaan. Di samping itu, ada juga beberapa fungsi manajemen sumber daya manusia lainnya, seperti:

Fungsi Umum

Fungsi pertama dari human resources adalah fungsi umum. Kegiatan yang termasuk dalam fungsi ini sebagian besar berhubungan dengan operasional perusahaan secara umum seperti pengembangan dan maintenance SDM.

Fungsi Manajerial

Selanjutnya, fungsi kedua dari human resources adalah hal-hal yang berhubungan dengan SDM langsung. Beberapa contoh kewajiban HR dalam fungsi ini adalah merencanakan, mengatur, dan mengarahkan keperluan-keperluan tiap individu dalam perusahaan.

Deskripsi Pekerjaan sebagai Human Resources Development

Bagaimana jika Anda menginginkan posisi human resources sebagai pekerjaan kedepannya? Apa saja tugas yang akan Anda jalankan nantinya? Berikut ini adalah human resources job description atau gambaran pekerjaan seorang HR di sebuah perusahaan.

  • Memegang tanggung jawab atas pendataan absensi, penggajian, pemberian bonus kepada karyawan
  • Merencanakan pengembangan sumber daya manusia
  • Mengatur dan mengembangkan sumber daya manusia
  • Menjadi penghubung antar departemen dalam perusahaan
  • Melakukan evaluasi terhadap sumber daya manusia

Skill yang Dibutuhkan

Setelah mengetahui deskripsi pekerjaan seorang human resource, pastikan Anda juga sudah memahami skill-skill yang dibutuhkan untuk masuk ke jabatan tersebut, seperti:

  • Komunikasi interpersonal yang baik
  • Kemampuan manajemen yang mumpuni
  • Keahlian dalam merekrut
  • Kemampuan negosiasi
  • Kemampuan menganalisis persona

Jenjang Karir

Apakah Anda tertarik untuk berhubungan dengan orang-orang baru? Mungkin human resources adalah salah satu pekerjaan yang cocok untuk Anda.

Di tengah ketatnya persaingan dunia karir, posisi HR masih banyak ditawarkan oleh berbagai perusahaan kecil hingga besar. Artinya, peluang Anda menjadi seorang HR cukup besar.

Jika dilihat dari segi pendapatan, posisi HR juga menawarkan range pendapatan yang bersaing dengan jabatan lainnya. Jumlah kisaran sebesar Rp3.500.000 hingga Rp4.500.000 bisa Anda dapatkan per bulannya.

Namun, jangan lupa sesuaikan dengan kualifikasi yang diminta. Karena, pada dasarnya memang posisi human resources adalah kunci di setiap perusahaan. Sehingga bisa dipastikan proses seleksinya pun akan berlapis.

Nah, itu tadi informasi mengenai human resources. Di tengah zaman modern ini, human resources adalah salah satu pekerjaan yang aktivitasnya terbantu oleh kemajuan teknologi.

Buktinyam banyak aplikasi human resources yang hadir untuk memudahkan tugas-tugas yang dijalankan. Contoh aplikasi tersebut dapat Anda temui di Clockster. Tak perlu berlama-lama, langsung saja yuk cek beberapa fiturnya di sini!

,

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *