Pengertian Job Description dan Bedanya dari Job Specification

job description adalah

Bekerja pada sebuah perusahaan, Anda akan dikenalkan dengan berbagai posisi bersama job description mereka yang berbeda-beda. Pada kondisi ini, job description adalah informasi terlampir yang berisikan detail peran seseorang terhadap sebuah jabatan.

Poin ini tidak hanya penting untuk pekerja, tetapi job description adalah hal yang juga perlu diperhatikan oleh pelamar pekerjaan. Meskipun seringkali disamakan, namun penjelasan mengenai apa itu job description dan job specification adalah hal yang berbeda.

Ingin tahu informasi tentang keduanya? Berikut Clockster rangkum untuk Anda.

Apa itu Job Description?

Uraian pekerjaan atau job description adalah keterangan tertulis mengenai suatu jabatan yang umumnya berisi tugas dan tanggung jawab dari jabatan seorang karyawan.

Bagi sebuah perusahaan, job description adalah pedoman yang sudah semestinya disiapkan terlebih dahulu. Karena hal tersebut akan membantu arah pengaturan karyawan menjadi lebih jelas.

Perbedaan Job Description dan Job Specification

Di samping istilah jobdesc (singkatan untuk job description), mungkin Anda pernah mendengar job specification. Tahukah Anda bahwa job specification dan job description adalah dua konsep yang berbeda.

Perbedaan job description dan job specification adalah pada arti dasar dan fungsinya. Seperti yang kita tahu, pengertian job description adalah gambaran kegiatan seseorang dalam suatu jabatan. Sedangkan job specification adalah keterangan kualifikasi yang harus dipenuhi pegawai dalam jenis job tertentu.

Jika dilihat dari segi fungsi, job description adalah uraian yang membantu Anda memahami detail pekerjaan jabatan tertentu. Di sisi lain, job specification berfungsi untuk menyesuaikan diri agar kualifikasi jabatan yang diinginkan bisa tercapai.

Fungsi Job Description

Tidak hanya untuk menjelaskan secara detail mengenai responsibility seseorang dalam sebuah jabatan, ada beberapa fungsi job description lain yang juga perlu Anda ketahui.

Bagi Perusahaan

1. Memudahkan manajemen dalam evaluasi internal perusahaan

2. Membantu perusahaan mengukur SDM secara ideal

3. Mengawasi dan meningkatkan kinerja karyawan

4. Dapat memberikan arahan yang sesuai dengan peran karyawan

Bagi Karyawan dan Pelamar Kerja

1. Lebih jelas dalam tugas dan batasan peran sebuah jabatan

2. Terukur dalam bekerja dan mengerjakan tugas

3. Memiliki gambaran akan pekerjaan yang akan dilamar/dilakukan

4. Mengoptimalkan potensi diri sesuai peran

Cara Membuat Job Description

Upaya baik dalam membuat job description adalah menuliskannya dengan jelas dan detail. Secara umum ada beberapa elemen penting dalam konsep job description.

Apa saja? Berikut sejumlah elemen-elemen penting job description.

Ringkasan Pekerjaan

Cara membuat job description bisa diawali dengan melampirkan ringkasan pekerjaan. Dengan begitu, benang merah suatu pekerjaan bisa langsung dipahami.

Tujuan Pekerjaan

Setiap jabatan tentu memiliki punya goals yang berbeda di setiap perusahaan. Tujuan perusahaan dalam job description adalah pemberi informasi mengenai apa tujuan yang perlu dicapai seorang karyawan dalam jabatan tertentu.

Poin-poin Tugas

Setiap karyawan memiliki rangkaian dan load tugas yang berbeda-beda. Agar bisa lebih mudah dipahami, poin-poin tugas yang menjadi tanggung jawab pegawai perlu dituliskan dalam job description.

Contoh Job Description

Kini Anda telah memahami apa itu job description baik secara umum maupun bagi perusahaan. Agar lebih paham, ada beberapa contoh job description yang bisa Anda gunakan sebagai referensi. Beberapa di antaranya adalah:

Contoh Job Description dan Job Specification Marketing

Ringkasan pekerjaan

Divisi pemasaran atau marketing team adalah orang-orang yang bertugas dan bertanggung jawab atas marketing produk perusahaan.

Tujuan

Tim marketing mempunyai goals utama untuk selalu meningkatkan penjualan produk. Segala proses mulai dari desain hingga pemasaran produk serta komunikasi dengan konsumen menjadi tanggung jawab lain bagi siapapun yang tergabung dalam tim marketing.

Tugas

  • Beberapa tugas yang akan Anda jalankan sebagai tim marketing:
  • Melakukan riset pasar
  • Mencari customer
  • Maintenance hubungan baik dengan konsumen
  • Memastikan segala bentuk komunikasi pemasaran produk berjalan lancar

Job specification

  • Pendidikan minimal S1 Manajemen Bisnis
  • Diutamakan mempunyai pengalaman kerja di bidang terkait selama minimal 1 tahun
  • Tingkat inisiatif tinggi
  • Skill komunikasi yang baik
  • Kemampuan brainstorming
  • Kreatif
  • Mampu bekerja di bawah tekanan
  • Siap bekerja bersama tim

Contoh Job Description dan Job Specification HRD

Ringkasan pekerjaan

Divisi HRD akan bekerja bersama melakukan manajemen sumber daya manusia dalam perusahaan dan menjalin serta menjaga komunikasi yang baik.

Tujuan

Goals utama dari tim HRD adalah membangun tali komunikasi yang sehat di dalam lingkungan kerja. Sehingga, segala proses terkait hubungan SDM perusahaan menjadi tanggung jawab penuh tim HRD.

Tugas

Beberapa tugas yang akan Anda jalankan sebagai tim marketing:

  • Melakukan komunikasi bulanan rutin antar pegawai
  • Memastikan minim terjadi masalah internal seluruh karyawan perusahaan
  • Merekrut pegawai baru

Job specification

  • Pendidikan minimal S1 Psikologi atau S1 Ilmu Komunikasi
  • Diutamakan mempunyai pengalaman kerja di bidang terkait selama minimal 1 tahun
  • Tingkat inisiatif tinggi
  • Skill komunikasi yang baik
  • Suka berinteraksi dengan orang baru

Sekarang Anda telah mengetahui konsep perbedaan job description dan job specification. Bagi calon karyawan, tentunya hal tersebut sangat berguna agar tidak timbul misinformasi saat melamar ke perusahaan tertentu.

Sedangkan bagi perusahaan keduanya penting dilampirkan dalam iklan perekrutan. Jika dari pihak calon karyawan dan perusahaan memiliki persepsi yang sama-sama sejalan, maka segala operasional kinerja bisa berjalan dengan lancar.


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *