Kompensasi Adalah: Penjelasan Lengkap

what is compensation

Imbalan atau kompensasi adalah istilah yang cukup familiar di telinga Anda bukan? Ya, khususnya jika Anda merupakan seorang pekerja. Kabarnya, tujuan kompensasi sendiri yakni untuk memotivasi karyawan.

Jika disederhanakan, pengertian kompensasi adalah imbal balik yang diberikan kepada perusahaan kepada pekerjanya. Namun, bagaimana sebenarnya konsep lengkap tentang pengertian kompensasi dan jenis-jenisnya? Clockster telah mengupas informasinya dalam rangkuman berikut ini.

Jadi, Pengertian Kompensasi Adalah…

Kompensasi adalah kata serapan yang berasal dari bahasa Inggris, compensation. Secara harfiah, kompensasi bisa saja diartikan sebagai ganti rugi. Namun, dalam perusahaan kompensasi adalah imbalan yang diberikan company kepada pegawai.

Setiap perusahaan memiliki ketentuan yang berbeda-beda dalam mengatur hal ini. Namun umumnya sebuah kompensasi adalah hal yang diberikan atas dasar terima kasih dalam hubungan kerja, baik berupa fisik dan non fisik. Beberapa sumber berpendapat kompensasi dapat berbentuk uang, barang atau hal lainnya.

Secara umum, kompensasi merupakan aspek yang bisa menunjukkan citra baik sebuah perusahaan. Dengan adanya balasan yang diberikan kepada pegawai atas suatu prestasi, berarti perusahaan itu patut dinilai dapat mengapresiasi orang dengan baik.

Pengertian Kompensasi Menurut Para Ahli

Asas kompensasi adalah konsep yang setidaknya harus Anda pahami ketika terjun ke dunia kerja. Beberapa ahli ekonomi memberikan pendapat mereka tentang definisi konsep yang satu ini. Berikut sejumlah poin pengertian kompensasi menurut para ahli.

  • Hamali (2018) menjelaskan kompensasi adalah sebuah fungsi dalam pengaturan SDM (sumber daya manusia) perusahaan. Asas kompensasi melibatkan beberapa aspek seperti tunjangan, kenaikan, struktur, dan skala kompensasi.
  • Nurcahyo (2015) mendefinisikan kompensasi sebagai balas jasa atas kerja pegawai yang seimbang dengan kebutuhan tujuan strategis perusahaan tempat ia bekerja.
  • Wibowo (2011) mengartikan kompensasi adalah sebuah balasan yang diberikan kepada tenaga kerja atas prestasi mereka kepada perusahaan.

Tujuan Kompensasi

Dari pengertian yang didapat, kompensasi merupakan upaya yang ditujukan untuk menghargai pegawai. Namun di samping itu ternyata masih banyak tujuan kompensasi yang perlu Anda ketahui.

Pasalnya tidak hanya bagi perusahaan, tetapi tujuan kompensasi juga berdampak bagi karyawan. Apa saja? Sejumlah poin berikut ini merupakan jawabannya.

Memotivasi Karyawan untuk Bekerja Lebih Baik

Sebagai manusia sudah sewajarnya kita menyukai bentuk apresiasi seperti pujian verbal atau segala bentuk hadiah. Sama halnya dengan pernyataan tersebut, kompensasi adalah satu upaya agar pegawai merasa senang karena kerja keras mereka telah dihargai. Umumnya dari rasa senang tersebut, akan timbul motivasi kerja yang lebih baik yang diharapkan perusahaan.

Mempertahankan Karyawan sebagai Aset Perusahaan

Di samping mengapresiasi, tujuan kompensasi lainnya adalah mempertahankan mereka yang berprestasi sebagai aset perusahaan di masa depan. Kompensasi adalah bukan sembarang hal yang bisa diberikan kepada siapa saja, pasti ada dasar tertentu bagi seseorang untuk mendapatkannya.

Pegawai berprestasi akan sangat berguna bagi perkembangan perusahaan. Karena itu, organisasi yang menyadari akan hal tersebut akan dengan senang hati memberikan kompensasi agar mereka tetap bertahan dalam perusahaan.

Memenuhi Regulasi Legalitas Perusahaan

Mungkin sebagian dari Anda selintas berpikir kompensasi adalah kewajiban perusahaan atas karyawan saja. Tetapi di Indonesia sendiri, kompensasi adalah aspek yang diatur dalam regulasi pemerintah.

Asas kompensasi diterangkan dalam UU Ketenagakerjaan No. 13 Tahun 2003 yang berbunyi bahwa sebuah perusahaan harus memberikan kompensasi yang layak bagi pegawai mereka. Hal tersebut tentu harus dipenuhi sebagai tanda keresmian perusahaan.

Jenis Kompensasi

Sebelumnya telah disebutkan bahwa kompensasi adalah imbalan yang diberikan perusahaan kepada karyawan sebagai bentuk apresiasi terhadap kontribusinya. Bentuknya pun bermacam-macam mulai dari pujian, benda, hingga uang. Untuk lebih jelasnya, simak ulasan jenis kompensasi di bawah ini.

Kompensasi Non Finansial

Terkadang, tidak semua kompensasi berupa uang, di mana tipe ini dikenal dengan sebutan kompensasi non finansial. Di sini, perusahaan biasanya memberikan kepercayaan lebih atau kesempatan kepada karyawannya untuk mengurus kegiatan perusahaan, peningkatan kompetensi dengan pelatihan tertentu, dan lain-lain.

Kompensasi Langsung

Berbeda dengan jenis sebelumnya, kompensasi langsung adalah bentuk balasan finansial secara langsung. Contohnya adalah pemberian gaji pokok, tunjangan, dan bonus bayaran lain yang didasari atas kualitas kinerja pegawai.

Kompensasi Tidak Langsung

Selanjutnya, ada juga kompensasi tidak langsung. Jenis ini melibatkan pemberian program atau fasilitas sebagai bentuk kompensasi. Misalnya fasilitas ruang kerja, gedung perusahaan yang memadai, dan lain sebagainya.

Contoh Kasus Kompensasi dalam Perusahaan

Apakah Anda sudah mendapatkan bayangan tentang pengertian kompensasi perusahaan? Pada intinya, kompensasi adalah kewajiban imbalan perusahaan kepada tenaga kerja yang berada di bawah naungan mereka.

Pengaruh kompensasi terhadap kinerja karyawan akan sangat berdampak pada pertumbuhan perusahaan. Karena itu, sebaiknya konsep ini benar-benar diterapkan dengan baik. Sebagai gambaran, coba simak contoh kasus kompensasi dalam perusahaan berikut ini.

Graphic Designer

A yang merupakan seorang karyawan dalam suatu agensi media mendapatkan tugas untuk mendesain konten media sosial perusahaan. Sebelum tenggat waktu yang ditentukan, desain A sudah selesai dikerjakan dan dinilai memuaskan. Perusahaan bisa memberikan kompensasi kepada A berupa bonus fee atau pemberian fasilitas design yang lebih mumpuni untuk meningkatkan skill karyawannya sendiri.

Dari ulasan tersebut, kita jadi tahu kompensasi juga merupakan bentuk apresiasi baik dari perusahaan atas kinerja pegawai. Tentunya porsi kompensasi yang didapat satu dan karyawan lainnya berbeda-beda. Mulai atur kompensasi dan hal-hal terkait dengan mudah melalui aplikasi HR Clockster.

Baca juga: Pesangon Adalah Hal Yang Sensitif, Begini Aturan Resminya


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *