Manajemen Karyawan Dengan Sistem Online


Mengelola bisnis tidak hanya sekedar membuat rencana pemasaran dan layanan pelanggan saja. Hal penting lain yang harus diperhatikan pebisnis adalah manajemen karyawan.

Pasalnya, manajemen karyawan yang baik akan berpengaruh pada kelancaran operasional dan kualitas layanan pelanggan. Faktor ini berkontribusi besar terhadap kelangsungan bisnis Anda.

Apa Saja Yang Termasuk Dalam Manajemen Karyawan?

Ada beberapa poin penting dalam manajemen karyawan. Beberapa hal dasar berikut ini akan membantu Anda dalam mengelola SDM di dalam perusahaan agar kinerja mereka bisa maksimal:

1. Komunikasi

Mambangun lingkungan kerja yang baik dimulai dari komunikasi yang baik. Sebagai pimpinan, Anda harus dapat menjalin komunikasi yang baik dengan para pekerja Anda.

Bentuk komunikasi ini bisa berupa pembagian dan penjelasan tugas, pengumuman yang penting diketahui oleh seluruh karyawan, termasuk juga saat menegur karyawan yang lalai.

Gunakanlah bahasa yang mudah dipahami, dan berikan mereka perasaan dihargai, sehingga pesan Anda dapat tersampaikan dengan baik.

Perhatikan juga bahasa tubuh, baik Anda maupun karyawan yang Anda ajak berkomunikasi. Tunjukkan bahwa Anda menghormati mereka dengan bahasa tubuh yang menunjukkan bahwa Anda sedang fokus kepada mereka.

Pastikan seluruh karyawan mendapatkan informasi dan pengumuman terbaru terkait pekerjaan mereka. Untuk langkah manajemen karyawan tersebut, Anda memerlukan media yang tepat dan efektif.

Selain menyampaikan pesan, Anda juga harus mampu menjadi pendengar yang baik. Hal ini penting karena pegawai Anda lah yang melaksanakan operasional sehari-hari. Mereka menghadapi langsung berbagai permasalahan lapangan, yang mungkin penting untuk Anda ketahui.

2. Penentuan Standar Performance

Menentukan standar kinerja karyawan juga penting dalam manajemen karyawan. Dengan standar tersebut, Anda dapat menilai apakah sistem sudah cukup efektif, atau apakah para karyawan telah melakukan tugasnya dengan optimal.
Standar ini perlu ditentukan seawal mungkin, ketika Anda mulai merekrut. Ada kemungkinan Anda akan membutuhkan karyawan pada posisi baru yang sebelumnya tidak ada. Dalam hal ini, Anda harus membuat standar baru secepatnya.

Contoh sederhana dari penentuan standar ini adalah ketepatan waktu absensi. Anda perlu memastikan bahwa karyawan datang di kantor dan pulang tepat waktu. Contoh lainnya adalah pelaksanaan tugas, atau jobdesk masing-masing karyawan.

Perlu diingat bahwa standar ini harus diubah dari waktu ke waktu. Lakukan analisa, apakah standar lama masih efektif, atau ada perubahan yang perlu dilakukan. Langkah manajemen karyawan ini merupakan salah satu yang paling penting.

3. Pengembangan dan Pelatihan

Berikutnya, Anda harus memperhatikan pengembangan dan pelatihan untuk karyawan juga. Dalam manajemen karyawan, langkah ini diperlukan untuk memastikan bahwa Anda selalu memiliki karyawan yang memiliki skill sesuai perkembangan bisnis.

Jangan takut rugi jika Anda telah bersusah payah melatih, namun akhirnya karyawan tersebut mengundurkan diri. Jika Anda memiliki manajemen karyawan yang baik, mereka akan dengan senang hati setia bekerja pada Anda.

Manajemen Karyawan Secara Online

Seiring dengan perkembangan jaman, manajemen karyawan dapat lebih mudah dilakukan dengan sistem online, terutama bagi pebisnis yang memiliki banyak cabang usaha. Contohnya dengan menggunakan Clockster.

Clockster memiliki fitur yang lengkap untuk memudahkan Anda melakukan manajemen karyawan secara efektif, cepat, dan mudah.

Misalnya, dengan fitur absensi, Anda dapat dengan mudah melacak jam absensi keluar-masuk karyawan, bahkan untuk karyawan lapangan. Clockster telah dilengkapi dengan fitur pelacak lokasi dan bisa menambahkan foto sebagai bukti kehadiran.

Fitur lainnya adalah Jadwal Kerja dan Task Manager. Dalam dua fitur ini, Anda dapat mengatur jadwal karyawan, terutama yang memiliki sistem shift, dan membagikan tugas kepada masing-masing karyawan. Anda dapat melacak perkembangan tugas yang diberikan, sehingga lebih mudah dalam memonitor kinerja.

Bagikan informasi kepada karyawan dengan cepat melalui fitur Feed. Anda juga dapat memilih karyawan tertentu saja yang mendapatkan informasi, serta berinteraksi dengan mereka melalui kolom komentar.

Dengan menggunakan fitur Statistik, Anda dapat melihat efektivitas kinerja masing-masing karyawan. Dengan begitu, Anda dapat dengan mudah mengetahui karyawan mana yang baik, atau masih kurang efektivitasnya.

Selain itu, masih ada fitur-fitur yang dapat meringankan tugas administrasi bagian personalia, seperti cuti, klaim keuangan atau reimburse, penggantian jadwal, penentuan libur, dan lain-lain.

Jadi, coba pakai Clockster, dan buat sistem manajemen karyawan Anda jadi mudah! Kunjungi website Clockster sekarang!


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *