Webinar Clockster – Bagaimana Cara Memilih Karyawan Yang Tepat Untuk Bisnis Anda

memilih karyawan yang tepat

Pada hari Rabu, 20 Juli 2022 kemarin, Clockster kembali mengadakan webinar. Tema kali ini adalah ‘Bagaimana Cara Memilih Karyawan Yang Tepat Untuk Bisnis Anda. Webinar kali ini menghadirkan Oktora Yosi, HR Generalis dari Sanco Indonesia sebagai pembicara.

Menurut Yosi, memiliki karyawan yang dapat diandalkan sangat penting, terutama bagi bisnis skala kecil. Pasalnya, dampak seorang karyawan di bisnis kecil akan lebih besar pada bisnis dibandingkan seorang karyawan di perusahaan besar.

Hal lain yang harus diingat bagi seorang HRD adalah ia harus dapat menempatkan orang yang tepat pada posisi yang tepat. Hal ini dapat dilakukan dengan menerapkan prosedur dan tahapan seleksi karyawan dengan tepat.

Dengan melakukan hal ini, HRD atau pemilik bisnis dapat membantu memastikan bahwa perusahaan akan mempekerjakan karyawan yang kompeten dan loyal yang bisa membantu perusahaan mencapai tujuan bisnis.

Memilih Karyawan Yang Tepat Dimulai Dari Proses Seleksi

Proses seleksi yang baik akan membantu bisnis dalam mendapatkan karyawan yang tepat. Beberapa perusahaan bahkan melakukan psikotes untuk mengetahui kepribadian karyawan.

Ada beberapa tahap seleksi karyawan, yakni:

  1. Seleksi administrasi, berupa screening CV kandidat
  2. Seleksi tertulis, atau tes
  3. Seleksi wawancara/interview
  4. Medical Check-up
  5. Finale

Apa Saja Yang Perlu Dilakukan?

Selama proses dan bahkan saat di luar proses seleksi, ada hal-hal yang dapat dilakukan oleh HRD atau pemilik bisnis untuk memilih kandidat yang terbaik untuk membantu pengembangan bisnis:

  • Melihat kualifikasi kandidat
  • Memilih orang yang adaptif, atau orang yang mau belajar hal yang baru
  • Melihat kesesuaian kandidat dengan bidang bisnis perusahaan
  • Mencoba menggunakan program magang
  • Mempelajari kepribadian kandidat lebih jauh lewat media sosial

Yosi juga menyarankan untuk memilih kandidat yang memiliki pengalaman di bidang yang sama agar lebih mudah masa adaptasinya. Selain itu, penting juga untuk menghindari kandidat yang sering berpindah pekerjaan.

Saksikan secara lengkap webinar Clockster: Cara Memilih Karyawan Yang Tepat Untuk Bisnis Anda di YouTube dengan mengklik link berikut ini.

Sampai jumpa dalam webinar berikutnya!

Baca artikel lainnya di sini.


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *