Payroll adalah: Penjelasan Dan Detail

what is payroll

Apakah Anda pernah mendengar istilah apa itu payroll? Bagi seorang pekerja di perusahaan, kata payroll tidak asing di telinga. Secara singkat, payroll adalah sebuah sistem penggajian perusahaan terhadap karyawan yang bekerja di dalamnya.

Mengingat hal tersebut cukup penting, ada baiknya untuk mengenali cara kerja payroll perusahaan beserta panduan lainnya. Kali ini Clockster telah merangkumkan penjelasan mengenai pengertian payroll hingga cara menghitungnya.

Apa itu Payroll?

Payroll adalah sistem pembayaran gaji pada pegawai menggunakan software dengan sistem automasi. Bisa dibilang sistem payroll adalah teknik penggajian masa kini bagi perusahaan dengan banyak pegawai.

Tugas Payroll Officer

Dalam sebuah perusahaan, yang bertanggung jawab atas tugas payroll adalah seorang payroll officer. Tak hanya membagikan dan memastikan gaji sampai di pihak karyawan, ada beberapa hal yang juga menjadi tanggung jawab payroll officer. Penjelasan tugas officer adalah sebagai berikut.

Menyiapkan Data Karyawan dan Rincian Gaji

Pertama-tama, seorang payroll officer harus mempersiapkan berkas dan dokumen yang berhubungan dengan penggajian karyawan seperti data absensi dan rincian komposisi gaji.

Bukan hanya gaji pokok, melainkan ada komponen lain seperti tunjangan, uang lembur, dan bonus lainnya. Detail-detail tersebut berguna agar anggaran keuangan perusahaan selalu terkontrol dengan baik.

Membuatkan Slip Gaji

Selain menyusun komponen penggajian karyawan berdasarkan data dan porsi kinerja mereka, seorang payroll officer juga bertugas dalam membuat slip gaji. Nantinya, dokumen tersebut bisa dimanfaatkan karyawan untuk berbagai keperluan seperti mengajukan kredit dan sebagainya.

Menyesuaikan Isi Payroll

Payroll adalah sebuah teknik yang bisa digunakan siapa saja. Namun, beberapa tahapan hanya bisa dilakukan oleh petugas payroll. Contohnya menginput data pribadi atau jumlah karyawan dalam perusahaan.

Manfaat Payroll

Apakah aplikasi sistem payroll perusahaan hanya berfungsi bagi penggajian karyawan saja? Tentu tidak, payroll adalah hal yang juga bermanfaat di sisi manajemen dan divisi lain. Simak manfaat payroll berikut ini.

Meringkas Pekerjaan HR

Payroll adalah sistem yang juga membawa keuntungan bagi departemen sumber daya manusia perusahaan. Sebagai HR, tentu salah satu tugas yang diemban adalah penggajian karyawan. Dengan menggunakan payroll, waktu dan tugas mereka menjadi lebih ringkas.

Sebab, payroll officer yang termasuk dalam departemen HR hanya perlu menyiapkan berkas dan data karyawan. Kemudian, penghitungan dan pembagian upah bisa dilakukan oleh aplikasi payroll yang digunakan.

Mengetahui Rincian Gaji

Selain bagi departemen SDM di perusahaan, rekening payroll adalah hal yang juga menguntungkan bagi pegawai. Dari data yang diinput manual oleh payroll officer ke dalam sistem dan dibantu otomasinya, karyawan bisa dengan mudah melihat komponen gaji yang ia terima. Mulai dari jumlah gaji pokok hingga uang lembur tertera dengan jelas dalam slip gaji.

Cara Kerja Payroll

Seperti yang diketahui banyak orang, sekarang ini tugas payroll officer menjadi lebih praktis dan mudah karena bantuan aplikasi perangkat lunak. Terlepas dari hal tersebut, payroll adalah satu kegiatan yang terdiri dari berbagai rangkaian proses. Simak cara kerja payroll dalam perusahaan pada penjelasan berikut ini.

Ringkasan Absen Karyawan

Salah satu aspek umum yang menjadi dasar penggajian karyawan pada payroll adalah ringkasan kehadiran karyawan. Jumlah durasi bekerja seorang pegawai setiap harinya, cuti, hingga libur bersama adalah beberapa contoh poin yang dinilai dalam ringkasan absensi.

Penghitungan Intensif dan Bonus Lainnya

Tidak jarang seorang pegawai mengharapkan bonus lebih dari perusahaan ketika mereka berhasil melampaui target tertentu. Melalui langkah ini, seseorang yang bertugas menghandle finansial perusahaan harus menghitung secara teliti sesuai dengan pencapaian karyawan tersebut.

Proses Pemotongan Upah

Sejumlah gaji yang diterima karyawan tidak lepas dari potongan-potongan yang sudah diatur baik dalam regulasi pemerintah tentang ketenagakerjaan atau ketentuan perusahaan. Cara kerja payroll juga melibatkan proses tersebut.

Seluruh kegiatan di atas bisa dengan mudah tergabung dalam satu tempat saja yaitu aplikasi payroll. Sekali lagi, tugas payroll officer adalah hanya melengkapi berkas karyawan. Sehingga, biasanya tugas penghitungan berulang bisa langsung dilakukan sistem dari aplikasi yang digunakan.

Clockster sendiri berdiri sebagai salah satu website manajemen SDM yang menyediakan fitur Payroll untuk keperluan perusahaan Anda. Bagaimana cara kerja payroll yang kami tawarkan? Kunjungi Payroll Clockster untuk info selengkapnya!

Perhitungan Payroll

Setelah tahu betul apa itu payroll hingga cara kerjanya, saatnya Anda mengetahui juga bagaimana perhitungan gaji tiap-tiap pegawai perusahaan menggunakan sistem yang satu ini.

Pada dasarnya, sistem payroll perusahaan berbeda satu sama lain sesuai dengan ketentuan yang mereka tetapkan. Tetapi ada beberapa hal dasar yang harus dipatuhi dalam perhitungan payroll, yaitu:

Karyawan Tetap dan Kontrak

Berdasarkan Keputusan Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi No. 100/MEN/1V/2004, ada perbedaan penghitungan antara Karyawan Tetap dengan Perjanjian Kerja Waktu Tidak Tertentu (PKWTT) dan Karyawan Kontrak dengan Perjanjian Kerja Waktu Tertentu (PKWT). Perbedaan yang dimaksud adalah:

Karyawan Tetap

PKWTT mengatur karyawan tetap untuk bekerja hingga masa kerja berakhir (pensiun, mengundurkan diri, atau meninggal dunia). Kemudian, karyawan tetap mempunyai hak untuk menerima pesangon dari perusahaan.

Karyawan Kontrak

Sedangkan berdasar PKWT, karyawan kontrak adalah pegawai yang bekerja di bawah periode tertentu. Di sisi lain, karyawan kontrak tidak punya hak penuh untuk menerima pesangon sebagai kewajiban yang diberikan perusahaan.

Itu tadi ulasan Clockster tentang apa itu payroll. Selain sistem pembayaran, masih banyak hal yang perlu diketahui sebagai seorang karyawan. Simak artikel-artikel informatif lainnya melalui blog Clockster.


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *