Self Development dan 8 Cara Membangunnya

self development


Self development adalah kebutuhan mutlak untuk dapat bertahan dalam perubahan zaman. Tidak perlu menunggu bantuan orang lain, setiap manusia berhak dan bertanggung jawab atas pengembangan diri masing-masing. Terlepas dari latar belakang pendidikan dan kemampuan ekonomi, Anda tetap bisa melakukan pengembangan diri secara maksimal.

Apabila Anda telah memiliki minat dan tekad kuat, pastinya ini adalah waktu ideal untuk mengembangkan diri. Tapi apa itu self development dan bagaimana cara membangunnya? Berikut ulasannya dari Clockster.

Pengertian Self Development

Secara umum, pengertian self development adalah kemampuan dan tindakan untuk meningkatkan kesadaran diri, kemampuan, bakat hingga keterampilan demi mencapai kualitas hidup yang lebih baik. Pengembangan diri ini dapat dilakukan kapan pun dan dimana pun dengan bantuan orang lain atau secara mandiri

Tidak terbatas pada usia, pendidikan, atau kondisi saat ini, siapa saja perlu memahami apa itu self development.

Pasalnya, hal ini tidak hanya bermanfaat bagi pengembangan karir, melainkan juga kesejahteraan individu secara general. Untuk memberikan gambaran lebih dalam, berikut adalah beberapa pengertian self development menurut para ahli.

Pengertian Self Development menurut Para Ahli

  1. The Liang Ge (2000). Self development adalah tindakan meningkatkan atau menyempurnakan diri dalam berbagai hal.
  2. Chaplin (2011). Self development adalah pengembangan diri meliputi kemampuan dan potensi seseorang.
  3. Muzakkiyah (2016). Self development adalah kemampuan mengarahkan kebiasaan, pemikiran, sikap, emosi, dan tingkah laku untuk mengatasi masalah dengan tujuan mengembangkan kepribadian.

Apa itu Self Development dalam Konsep Aktualisasi Diri?

Ada banyak pengertian self development menurut para ahli. Salah satu yang paling populer adalah konsep aktualisasi diri. Maslow (1970) memaparkan bahwa semua orang memiliki kebutuhan untuk pengembangan diri yang berlangsung melalui proses aktualisasi diri.

Aktualisasi diri adalah pemenuhan diri untuk mencapai potensi optimal sebagai manusia yang unik. Menurut Maslow, jalan menuju aktualisasi diri melibatkan membangun koneksi dengan perasaan dan menjalani hidup sepenuhnya.

Cara Membangun Self Development

Keterampilan pengembangan diri adalah hal yang mungkin dan bisa dilatih oleh setiap orang. Berikut adalah beberapa tips cara manajemen pengembangan diri agar prosesnya dapat lebih optimal.

Kenali Kekuatan dan Kelemahan Diri

Sadar atas kekuatan dan kelemahan merupakan tahap pertama dalam manajemen pengembangan diri. Diri Anda adalah orang yang paling memahami kedua hal ini. Apabila kesulitan, kita dapat mulai menganalisis dari pengalaman.

Semisal, Anda merasa sangat cemas ketika diminta untuk berbicara di depan umum. Karena takut melakukan kesalahan, Anda hanya menyampaikan poin penting dalam presentasi. Sekalipun orang lain merasa presentasi tersebut sangat baik, apabila Anda tidak menikmatinya, hal ini perlu menjadi catatan untuk perbaikan.

Kembangkan Tujuan Personal

Pengembangan diri tidak bisa maksimal apabila hanya didasari oleh tujuan yang diciptakan orang lain. Pembelajaran harus berjalan dengan optimis dan menyenangkan sehingga Anda dapat terus termotivasi dalam jangka panjang. Maka dari itu, Anda harus mengembangkan tujuan personal.

Tujuan personal adalah ide-ide yang jelas tentang apa yang ingin kita raih dalam kehidupan. Hal ini nantinya akan membimbing pikiran dan perilaku kita dalam membuat keputusan.

Semisal, apabila Anda memiliki tujuan untuk menjadi aktris. Anda dapat mulai menjalani kegiatan yang relevan seperti mengikuti kelas akting, menganalisis referensi, hingga rajin berolahraga.

Rencanakan Pengembangan Diri

Apabila Anda telah mengenali kekuatan dan kelemahan serta mengembangkan tujuan personal yang jelas, sekarang waktunya untuk merencanakan proses pengembangan diri.

Perencanaan ini akan membantu Anda menentukan pilihan dan mengevaluasi usaha pengembangan diri sehingga tetap relevan dengan tujuan akhir.

Evaluasi Rencana Pengembangan Diri

Selalu monitor rencana pengembangan diri Anda. Buat laporan rutin semisal harian atau mingguan untuk melihat apakah Anda telah menjalankan perencanaan tersebut.

Apabila diperlukan, Anda dapat melakukan revisi rencana tersebut dengan tetap berfokus pada tujuan utama.

Tidak Berhenti Belajar

Sejatinya, belajar adalah proses yang berjalan terus menerus. Sekalipun telah tamat sekolah, setiap orang seharusnya tidak berhenti belajar untuk beradaptasi dengan perubahan lingkungan.

Bagi Anda yang berminat untuk melakukan pengembangan diri, belajar adalah suatu keharusan. Tidak selalu dengan membaca, Anda dapat belajar dari orang-orang disekitar atau melalui media lain.

Siap Menerima Kritik

Penilaian diri rentan dengan bias. Maka dari itu, sebaiknya minta bantuan rekan Anda untuk memberikan kritik dan masukan terhadap proses pengembangan diri. Anggap pandangan orang lain tersebut sebagai saran untuk mengoptimalkan pembelajaran Anda, bukan justru menjatuhkan semangat.

Fokus pada kritik yang bersifat konstruktif atau membangun. Sebaiknya tidak perlu banyak memikirkan tentang kritik-kritik menjatuhkan.

Belajar dari Orang Lain

Mentor atau pembimbing bisa berperan penting dalam pengembangan diri Anda. Orang-orang tersebut biasanya memiliki pengalaman atau pemahaman yang mendalam tentang proses pengembangan diri dalam berbagai situasi.

Menjaga Kesehatan

Proses pengembangan diri yang optimal selaras dengan kesehatan fisik dan mental. Apabila Anda memiliki masalah kesehatan, hal ini akan mengganggu fokus dalam pengembangan diri. Maka dari itu, pastikan Anda menjaga kesehatan.

Mulailah dengan menerapkan pola hidup yang baik, seperti makan makanan sehat, rajin olahraga, dan istirahat cukup. Anda juga perlu menjalankan hobi positif dan menjaga komunikasi dengan orang-orang terdekat sebagai bentuk menjaga kesehatan mental.

Setelah memahami pengertian self development dan cara membangunnya, Anda dapat segera menyusun rencana pelaksanaannya. Tidak sebatas minat dan tekad, disiplin diri juga wajib dimiliki selama prosesnya. Sebagai informasi, selain artikel internet, buku, dan relasi, temukan pula berbagai seminar gratis yang tersedia untuk self development.


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *