Apa itu Perencanaan SDM? Ini Metode, Tujuan & Manfaatnya

perencanaan sdm

Istilah perencanaan sumber daya manusia mungkin terdengar asing bagi sebagian orang, namun tidak dengan divisi HR pada suatu perusahaan. Proses perencanaan SDM adalah langkah-langkah untuk memaksimalkan sumber daya manusia (pekerja) sebagai aset penting perusahaan. Di mana HR telah paham betul metode, proses hingga tujuan perencanaan SDM ini.

Kegiatan berikut tentunya bisa ditemukan di setiap tempat kerja, termasuk kantor Anda. Contohnya adalah adanya pelatihan pegawai dalam rangka mengembangkan dan meningkatkan kemampuan (skill) karyawan. Cek informasi lebih lengkapnya di bawah ini.

Pengertian Perencanaan SDM

Pengertian perencanaan SDM atau Human Resourcing Planning adalah serangkaian proses yang disusun secara strategis untuk memaksimalkan tenaga dari sumber daya manusia perusahaan demi mencapai company goals.

Teknik tersebut dilakukan atas alasan pengembangan SDM sebagai aset perusahaan.

Proses Perencanaan SDM

Memang sudah sewajarnya setiap perusahaan atau organisasi memiliki caranya tersendiri untuk mengembangkan orang yang terlibat di dalam perusahaan tersebut.

Namun, setidaknya empat langkah dalam proses perencanaan SDM di bawah ini tidak boleh terlewatkan.

Melihat Kesediaan Tenaga Kerja Saat Ini

Langkah pertama dalam proses perencanaan SDM adalah mengawali proses planning dengan melihat kondisi kesediaan SDM yang sedang berada dan bekerja di bawah perusahaan saat itu juga.

Segala aspek baik dari segi kuantitas maupun kualitas SDM perlu jadi pertimbangan dalam perencanaan sumber daya manusia ke depannya. Di samping itu, challenge dan hambatan yang dialami pegawai juga bisa menjadi aspek pertimbangan.

Memprediksi Kebutuhan SDM di Masa Depan

Kemudian setelah dilakukan identifikasi terhadap kondisi SDM, tim human resources selanjutnya harus bisa menganalisa dengan baik apa kebutuhan yang sekiranya SDM perlukan di masa mendatang. Hal tersebut meliputi perbaikan fasilitas kerja, promosi jabatan, atau bahkan mutasi pegawai.

Memperkirakan Apa yang Diminta SDM

Masih berhubungan dengan analisa kebutuhan SDM, di sisi lain permintaan yang diperlukan SDM juga harus dipertimbangkan. Tentunya permintaan tersebut harus tetap didasari atas tujuan perusahaan.

Alias demand yang diajukan pegawai tidak bisa dipenuhi jika melibatkan kepentingan di luar perusahaan, misalnya hal-hal bersifat personal.

Menyusun Strategi dan Mengimplementasi Pencarian SDM

Tahap terakhir dalam proses perencanaan SDM adalah penyusunan strategi dan penerapannya. Setelah mengetahui apa saja yang kurang dari pegawai perusahaan melalui tiga tahap sebelumnya, tim HR akan lebih mudah melakukan langkah selanjutnya

Pastinya strategi yang dibuat harus bisa memenuhi kekurangan selama proses identifikasi. Jalan keluarnya cukup beragam, mulai dari mengadakan pelatihan hingga merekrut SDM baru.

Tujuan Perencanaan SDM

Sebelum mengetahui lebih lanjut tentang penjelasan perencanaan sumber daya manusia, apakah terlintas di benak Anda sebenarnya apa tujuan perencanaan SDM? Apakah semata-mata hanya untuk memastikan mereka dapat berkembang selama bekerja di perusahaan Anda?

Utamanya, tujuan perencanaan sumber daya manusia adalah untuk memastikan bahwa orang-orang yang bekerja di perusahaan Anda memiliki kompetensi bagus dan mumpuni dalam menghadapi perubahan krisis di dunia karir.

Sehingga pada akhirnya target akan tetap tercapai meskipun sempat mengalami fase naik-turun saat beroperasi. Namun dibalik tujuan utama, baca juga beberapa tujuan perencanaan SDM lainnya seperti:

  1. Memastikan setiap pegawai punya komitmen tingkat kinerja yang tinggi dalam membantu roda bisnis perusahaan
  2. Memastikan keadilan dan kesamarataan kesempatan bagi seluruh SDM yang ada
  3. Memastikan apresiasi kepada pegawai selalu berjalan dengan baik 4. Menciptakan suasana kantor yang adil dan harmonis
  4. Mempertahankan jalan komunikasi yang baik dan sehat di antara seluruh anggota organisasi atau perusahaan

Manfaat Perencanaan SDM

Kemudian, dengan tercapainya berbagai tujuan perencanaan SDM di atas, bagaimana dengan manfaat penerapannya? Berikut ini adalah sejumlah manfaat perencanaan SDM yang bisa didapatkan perusahaan.

Pemanfaatan SDM dengan Baik

Dengan tercapainya segala tujuan perencanaan sumber daya manusia, sudah pasti perusahaan akan lebih bisa memanfaatkan kinerja pegawainya dengan baik.

Hal tersebut karena perusahaan berkaca pada kelebihan dan kekurangan SDM. Sehingga strategi yang disusun pun efektif dan efisien.

Produktivitas Terjaga, Bahkan Meningkat

Masih berhubungan dengan poin pertama, terciptanya langkah strategis akan sangat membantu kelancaran pekerjaan perusahaan.

Pada akhirnya, banyak goals yang bisa dipenuhi selama SDM perusahaan bekerja dengan baik. Dalam arti lain, produktivitas organisasi terjaga,bahkan bisa meningkat.

Identifikasi Masalah dan Evaluasi

Terakhir, manfaat perencanaan SDM adalah mampu mengidentifikasi masalah dan melakukan evaluasi. Sebuah perusahaan pasti ingin selalu berkembang menjadi lebih baik ke depannya.

Dengan mengimplementasikan serangkaian proses human resources planning, maka masalah bisa teridentifikasi lebih awal. Sehingga solusi strategis juga bisa disusun lebih dini.

Di samping itu, tahap evaluasi juga bisa dilihat dari peningkatan yang terus terjadi. Pada akhirnya, perusahaan akan tumbuh menjadi suatu tempat yang tidak hanya sukses dalam jenjang karir namun juga mensejahterakan SDM mereka.

Contoh Perencanaan SDM dalam Perusahaan

Sekali lagi, implementasi perencanaan sumber daya manusia adalah hal krusial yang perlu dilakukan tim HR dengan bantuan seluruh anggota organisasi maupun perusahaan. Sebagai ulasan tambahan, simak contoh perencanaan SDM dalam perusahaan berikut ini untuk referensi Anda.

Recruiting

Contoh awam yang bisa Anda lakukan adalah proses rekrutmen. Serangkaian tahapan mulai dari pengumuman rekrutmen, seleksi, hingga mempekerjakan merupakan bentuk dari perencanaan sumber daya manusia perusahaan.

Melalui proses ini, Anda bisa melihat mana calon pekerja yang memiliki kualitas SDM baik dan berpotensi sebagai aset berharga perusahaan. Jenis rekrutmen pun beragam, mulai dari online recruitment hingga walk in interview.

Pelatihan Pegawai

Setelah mendapatkan bibit-bibit unggul pekerja, perusahaan bisa melakukan pelatihan pegawai sebagai bentuk perencanaan sumber daya manusia tambahan. Hal tersebut berguna untuk skill maintenance and development dari individu SDM itu sendiri.

Itu tadi penjelasan seputar pengertian perencanaan SDM, metode, tujuan, manfaat hingga contoh-contohnya dalam perusahaan.

Kegiatan yang dalam Bahasa Inggris berarti Human Resourcing Planning ini sangat penting diterapkan guna memiliki SDM berkualitas. Semoga artikel berikut bermanfaat, dan jangan lupa kunjungi blog Clockster untuk informasi menarik lainnya.


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *