7 Inspirasi Permainan Indoor untuk Karyawan agar Lebih Kompak


Permainan indoor untuk karyawan.jpg

Apakah Anda sedang mencari inspirasi tentang permainan indoor untuk karyawan di kantor Anda? Selain dapat mencairkan suasana, melakukan suatu permainan juga dapat digunakan untuk mengakrabkan antar karyawan. Tentunya apabila hubungan baik sudah terjalin, kolaborasi juga akan lebih mudah berjalan. Ingin tahu rekomendasi yang tepat? Temukan 7 ide jenis permainan indoor untuk karyawan di sini.

Survei Gallup di Amerika mengungkapkan bahwa perusahaan dengan engagement karyawan yang tinggi cenderung memiliki produktivitas, profitabilitas, dan kepuasan pelanggan lebih unggul. Selain itu, hal ini juga mengindikasikan tingkat absensi dan turnover karyawan yang rendah. Tapi pertanyaannya, bagaimana cara meningkatkan engagement karyawan?

Team building adalah kuncinya. Efektivitas organisasi ditentukan dari kemampuan anggota-anggotanya melakukan sinergi. Jadi kenali bagaimana karyawan Anda, kemudian ciptakan lingkungan profesional yang mendukung ikatan kuat untuk kerja sama antar rekan, salah satunya dengan mengadakan permainan indoor untuk karyawan secara rutin.

Manfaat Permainan Indoor untuk Karyawan

  • Meningkatkan komunikasi antar karyawan
  • Mendorong kerja sama tim
  • Mengidentifikasi kekuatan dan kelemahan tim
  • Meningkatkan kreativitas karyawan
  • Membangun kepercayaan antar karyawan

Human Snakes

Human snakes adalah permainan indoor untuk karyawan yang digunakan membangun komunikasi dan kepercayaan tim. Pasalnya, dalam keadaan mata tertutup, setiap anggota harus percaya dan mengikuti instruksi anggota lainnya. Kerja sama diperlukan untuk mencapai tujuan. Berikut adalah peraturan permainan human snakes.

Alat bantu: penutup mata sejumlah peserta, ember sejumlah tim, dan beberapa objek acak

Jumlah orang: tidak terbatas, bagi menjadi beberapa tim yang terdiri dari 4 – 6 orang

Durasi: 30 – 60 menit (menyesuaikan)

Cara main:

Setiap tim berdiri membentuk barisan dengan kedua tangan di atas bahu orang di depannya. Tutup mata seluruh anggota kecuali orang yang berada pada barisan paling belakang. Orang pada posisi paling belakang bertugas untuk memberikan arahan dengan mengetuk bahu orang di depannya, semisal kiri untuk belok kiri, kanan untuk belok kanan, dan tahan kedua bahu untuk berhenti. Arahan tersebut akan disalurkan secara berantai ke orang di depannya.

Tim diberikan tugas untuk mencari beberapa objek dan memasukkannya ke dalam suatu ember. Setelah menempatkan satu objek di ember, orang yang tadinya paling belakang memasang penutup mata. Sementara itu, orang yang paling depan melepaskan penutup mata dan pindah menjadi ekor untuk memberikan arahan.

Two Truths and a Lie

Permainan indoor untuk karyawan ini mendorong setiap peserta untuk lebih mengenal dan menemukan fakta menarik rekan kerjanya. Anda juga dapat menciptakan suasana santai dimana peserta dapat lebih membuka diri dan menunjukkan kreativitasnya dalam mengarang cerita.

Alat bantu: tidak ada

Jumlah orang: 5 – 100 orang

Durasi: menyesuaikan jumlah peserta

Cara main:

Setiap peserta diminta untuk berkreasi dengan mengarang pernyataan yang unik namun meyakinkan. Satu persatu peserta kemudian menyampaikan 3 pernyataan, yaitu 2 benar dan 1 salah tentang dirinya. Peserta lainnya akan bertugas untuk menebak mana pernyataan yang bohong.

Peserta yang menebak dapat mengajukan pertanyaan. Sementara itu, peserta utama akan menjawab dengan memberikan arahan atau kebohongan meyakinkan. Permainan akan sangat menyenangkan apabila pernyataan yang dibuat nampak mewah.

Guess That Baby

Permainan indoor untuk karyawan ini sangat sesuai untuk meningkatkan keakraban tim kecil. Aktivitasnya mendorong percakapan positif dan menyenangkan tentang diri setiap peserta.

Alat bantu: foto bayi peserta

Jumlah orang: 5 – 9 orang

Durasi: 30 – 60 menit

Cara main:

Semua peserta diminta membawa foto diri mereka sebagai bayi. Nantinya, foto-foto tersebut dipasang pada papan tanpa keterangan nama. Rekan kerja mereka harus mengidentifikasi semua foto dan menemukan pemiliknya. Permainan ini juga dapat dilakukan secara virtual, seperti melalui video.

Broken Telephone

Telepon rusak adalah permainan indoor untuk karyawan yang sangat populer di Amerika. Pasalnya, selain menyenangkan, permainan ini mendorong peserta untuk melakukan komunikasi secara hati-hati dan efektif.

Alat bantu: tidak ada

Jumlah orang: tidak terbatas, bagi menjadi beberapa tim yang terdiri dari 5 – 7 orang

Durasi: menyesuaikan

Cara main:

Setiap tim bermain secara bergantian. Anggota tim diminta untuk berdiri dalam antrian dengan jarak masing-masing 1 meter. Dimulai dari yang paling belakang, peserta akan diberitahukan sebuah kalimat. Peserta tersebut bertugas untuk membisikkan kalimat tersebut pada peserta di depannya dalam waktu 7 detik.

Peserta yang telah menerima pesan akan menyampaikan dengan cara yang sama pula pada orang di depannya dan seterusnya. Peserta terakhir harus mengumumkan kalimat yang telah didapatkan. Tim akan mendapat poin apabila kalimat tersebut sesuai dengan pesan awal. Ingat, kesalahan pun dapat menjadi humor yang baik.

Werewolves

Memerlukan kreativitas dan keterampilan persuasi, permainan werewolves sangat menyenangkan untuk tim kecil. Dalam waktu singkat, peserta akan sibuk menganalisis dan mendiskusikan siapa yang merupakan serigala dalam tim mereka. Benar-benar permainan sosial yang penuh intrik, ya.

Alat bantu: tidak ada

Jumlah orang: 6 – 9 orang

Durasi: menyesuaikan

Cara main:

Sebelum permainan dimulai, setiap peserta diberikan peran secara diam-diam, yaitu penduduk desa atau serigala. Dua atau tiga serigala akan berusaha meyakinkan penduduk desa bahwa mereka tidak bersalah. Sementara itu, penduduk desa akan berusaha membunuh serigala supaya tidak memakan korban.

Permainan indoor untuk karyawan ini dibagi menjadi dua waktu, pagi hari dan malam hari. Di pagi hari, semua peserta akan berdiskusi siapa yang dicurigai sebagai serigala dan dapat membuat kesepakatan untuk membunuhnya. Setelah itu, di malam hari, serigala akan memilih satu penduduk desa untuk dimakan.

Serigala menang apabila jumlah penduduk desa sama atau kurang dari mereka. Sementara itu, penduduk desa akan dianggap menang apabila semua serigala telah berhasil dibunuh. Anda juga dapat memainkannya secara virtual menggunakan aplikasi tertentu.

Salt N Pepper

Permainan indoor untuk karyawan ini sangat pas untuk meningkatkan ikatan dan sinergi dalam tim. Peserta akan didorong untuk menghargai perbedaan dan lebih berfokus dalam mencari persamaan antara satu sama lain.

Alat bantu: beberapa kartu dengan nama benda atau orang yang berpasangan.

Jumlah orang: 6 – 20 orang

Durasi: 1 – 2 jam

Cara main:

Siapkan seperangkat pasangan kartu yang berisi daftar nama benda atau orang yang berlainan, namun cocok bersama. Semisal: gula – garam, John Lennon – Yoko Ono, Mickey – Minnie, Yin – Yang, dan sebagainya.

Rekatkan kartu tersebut pada dahi atau punggung peserta, tanpa mereka mengetahui tulisannya. Berikan instruksi kepada peserta untuk mencari pasangan yang sesuai dengan kartu mereka. Mereka dapat bertanya pada peserta lain tentang apa yang tertulis pada kartu mereka. Peserta lain hanya boleh menjawab ya dan tidak untuk memberikan petunjuk.

Semisal: ‘nama orang?’ ‘ya’ ‘populer?’ ‘ya’ ‘Michael Jackson?’ ‘tidak’ dan sebagainya. Apabila peserta telah mengetahui nama yang tertera pada kartu mereka. Peserta tersebut perlu mencari orang dengan kata yang menjadi pasangannya.

Count to 20

Permainan hitung hingga 20 berfokus pada latihan mendengarkan aktif dan kolaborasi tim. Setiap peserta perlu mengenali situasi sebelum memutuskan untuk bersuara. Seperti apa ya? Simak petunjuk permainan indoor untuk karyawan berikut.

Alat bantu: tidak ada

Jumlah orang: tidak terbatas, bagi menjadi beberapa tim yang terdiri dari 4 – 6 orang

Durasi: 1 – 2 jam

Cara main:

Setiap tim bermain dalam lingkaran. Satu tim tersebut perlu menyelesaikan hitungan mulai dari 1 hingga 20. Masalahnya, tidak ada yang tahu siapa yang akan menyebutkan suatu angka. Apabila terdapat lebih dari 1 anggota yang menyebutkan angka sama sekaligus, maka hitungan harus dimulai dari awal kembali.

Permainan indoor untuk karyawan akan membawa suasana lebih rileks dibandingkan saat-saat jam kerja. Hal ini akan mendorong energi positif yang sangat pas untuk membangun relasi di tempat kerja. Hubungan baik tersebut nantinya dapat menjadi pendorong performa kolaborasi yang kuat dan lancar.

Permainan indoor untuk karyawan juga dapat menjadi media asah keterampilan khusus seperti kreativitas, ketangkasan, dan kepemimpinan. Anda dapat menggunakan 7 ide permainan di atas dengan mempertimbangkan tujuan dan kondisi di tim. Mudah sekali, bukan?


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *