Cara Mencegah Salah Hitung Payroll


Cara perusahaan mengelola payroll menunjukkan banyak hal tentang manajemennya. Penanganan proses penggajian memiliki beberapa tantangan yang sering berakibat pada kesalahan. Dalam artikel ini, kita akan membahas tentang cara menghindari salah hitung payroll dan cara mempermudah pemrosesan penggajian.

Masalah dalam payroll

Kesalahan manusia sangat umum terjadi saat memproses payroll. Jumlah data dan perhitungan yang dibutuhkan bisa membuat kepala siapa pun pusing. Apalagi jika hanya satu atau dua staff HR, betapapun rajin dan bertanggung jawabnya mereka dalam menangani penggajian.

Gaji pokok yang berbeda-beda, upah lembur, denda keterlambatan – dengan banyak ketentuan perusahaan yang perlu diingat, kekurangan dan kelebihan pembayaran pasti akan terjadi. Meskipun karyawan sangat mungkin melaporkan saat ada pemotongan gaji yang besar, tidak semua orang akan mengakui bahwa gaji yang mereka terima ada kelebihan.

Dalam kedua kasus tersebut, perusahaan mengalami kerugian. Menerima pembayaran yang lebih kecil secara tidak pantas akan memengaruhi kepercayaan, motivasi, dan kepuasan kerja karyawan secara keseluruhan. Sementara membayar gaji lebih akan merugikan keuangan.

Bagaimana cara mengurangi salah hitung payroll?

Meskipun tidak mungkin untuk menghilangkan salah hitung payroll sepenuhnya, ada banyak cara untuk, paling tidak, menguranginya.

  • Optimalkan laporan absensi

Apakah anda masih menggunakan absen manual atau jeglok untuk mencatat absensi? Meskipun metode ini mungkin sederhana dan familiar, alat ini membuat pemrosesan payroll jauh lebih sulit daripada yang seharusnya. Belum lagi sistem ini sangat mudah dimanipulasi.

Digitalisasi dan automasi laporan absensi dapat menghemat banyak waktu dan uang untuk perusahaan Anda.

Dengan menggunakan Clockster, merekam data absensi jadi lebih mudah dari sebelumnya. Karyawan dapat absen masuk dan pulang melalui aplikasi Clockster yang mudah dinavigasi dan ramah pengguna.

Semua laporan, keterlambatan, pulang lebih awal, hingga lembur secara otomatis diperhitungkan saat penghitungan payroll.

  • Automasi Payroll

Perhitungan payroll mencakup banyak langkah. Membuat kesalahan dimana pun akan mengakibatkan seluruh perhitungan menjadi salah. Mengautomasikan penggajian memungkinkan hasil yang lebih konsisten dan bebas kesalahan.

Fitur Payroll Clockster secara otomatis memperhitungkan semuanya:gaji pokok pajak, lembur, hari libur. Sebut saja – Clockster akan mengurusnya. Cukup lakukan pengaturan satu kali saja, dan nikmati payroll otomatis. Yang perlu Anda lakukan hanyalah meninjau dan menyetujui slip gaji!

Clockster dapat digunakan secara gratis untuk perusahaan dengan kurang dari 10 karyawan. Cobalah hari ini dan hindari salah hitung payroll!


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *