Sense of Belonging: Cara Meningkatkannya di Tempat kerja

sense-of-belonging

Secara umum, sense of belonging adalah ikatan emosional terhadap objek tertentu. Dalam konteks pekerjaan, ikatan ini nampak dari hubungan baik antara rekan kerja di perusahaan. Bahkan, Anda dapat mengatakan bahwa rasa memiliki adalah syarat untuk mencapai kolaborasi tim yang optimal.

Perusahaan memiliki andil yang besar dalam mengembangkan ikatan emosional karyawan. Pasalnya, budaya perusahaan adalah salah satu faktor utama pembentukan ikatan tersebut. Jadi apa itu dan bagaimana cara meningkatkan sense of belonging? Ulasan lengkapnya dapat Anda simak di bawah ini.

Apa itu Sense of Belonging?

Sederhananya, sense of belonging adalah perasaan memiliki sepenuhnya yang melibatkan rasa cinta, keinginan menjaga, dan peduli terhadap sesuatu. Perasaan ini bukan berarti keinginan menguasai tempat kerja, tapi lebih kepada memunculkan kontribusi dan tanggung jawab kepada visi misi organisasi.

Performa kerja karyawan dengan rasa memiliki yang kuat akan cenderung lebih baik. Hal ini karena mereka mempunyai motivasi internal lebih besar untuk berkontribusi terhadap perusahaan. Lebih lanjut, kehadiran karyawan dengan rasa memiliki yang tinggi akan menjadi powerhouse perusahaan untuk terus maju mencapai tujuannya.

Teori Sense of Belonging

  • Menurut Baumeister & Leary (1995), teori sense of belonging adalah dorongan untuk membentuk dan mempertahankan hubungan interpersonal yang penting dan positif.
  • Menurut Hagerty & Patusky (1995), teori rasa memiliki adalah pengalaman keterlibatan dalam sistem atau lingkungan secara pribadi, sehingga seseorang merasa menjadi bagian integral organisasi.
  • Goodenaw (dalam Ting, 2010), teori sense of belonging adalah rasa diterima, dihargai, terlibat, dan mendapat dukungan dari lingkungannya. Hal ini termasuk perasaan menjadi bagian penting dan berharga dalam kelompok.

Manfaat Sense of Belonging

Ikatan yang cukup erat antara karyawan dan perusahaan tentunya memberi keuntungan terhadap kedua belah pihak, antara lain:

Membangun Hubungan Emosional Antar Karyawan

Hubungan emosional muncul dari perasaan mengenal satu sama lain. Lebih lanjut, hal ini akan berpengaruh positif terhadap kolaborasi tim dalam organisasi. Selain itu, ikatan emosional dapat merekatkan hubungan antara manajemen dan karyawan pada umumnya.

Apabila manajemen memiliki ikatan emosional dengan karyawan, maka akan lebih mudah untuk berbagi informasi dan solusi masalah perihal pekerjaan. Manajemen juga cenderung lebih mudah untuk mengarahkan karyawan menuju perbaikan atau kemajuan.

Dalam sehari, karyawan menghabiskan 7 – 8 jam waktu paling produktifnya di tempat kerja. Maka dari itu, peristiwa di tempat kerja tentunya akan banyak mempengaruhi kualitas hidupnya. Untuk mengurangi stress yang tidak diperlukan, perusahaan perlu memperhatikan kenyamanan pegawainya.

Dalam hal ini, cara meningkatkan sense of belonging adalah dengan menumbuhkan rasa kekeluargaan terlebih dahulu. Rasa nyaman ketika berada di tempat kerja tentunya mendorong karyawan untuk bekerja lebih optimal.

Membuka Keadilan terhadap Akses Peningkatan Karir

Adanya rasa memiliki akan menjadikan suasana persaingan internal lebih adil dan sehat. Apabila karyawan nyaman dalam menunjukkan bakat dan hasil kerjanya, pihak manajemen dapat menggali potensi mereka ke posisi-posisi baru.

Cara Meningkatkan Sense of Belonging

Cara meningkatkan sense of belonging di perusahaan tempat kerja rupanya cukup simpel, yakni:

Bangun Kepercayaan

Salah satu komponen penting dalam cara meningkatkan sense of belonging adalah membangun kepercayaan. Tanpa adanya kepercayaan antar anggota, tim akan sulit melakukan kolaborasi secara efektif dan efisien. Pasalnya rasa percaya satu sama lain ini juga diperlukan dalam menumbuhkan komunikasi yang optimal.

Kepercayaan di perusahaan meliputi dua aspek, yaitu afektif dan kognitif. Rencana untuk membangun kepercayaan biasanya dimulai dengan aspek kognitif dengan meyakinkan karyawan bahwa setiap orang di perusahaan akan bekerja sama dalam menyelesaikan tugas.

Setelah itu, kepercayaan afektif dibangun untuk memperdalam dan memperpanjang hubungan positif tersebut.

Kembangkan Ikatan Sosial

Hubungan profesional di perusahaan sebaiknya juga diimbangi dengan pertemanan yang sehat dan akrab. Wildgoose melaporkan bahwa memiliki teman akrab di kantor mampu meningkatkan kinerja karyawan.

Ikatan sosial didasarkan pada suasana fleksibel sehingga terjadi percakapan dan aktivitas yang lebih nyaman bagi karyawan. Perusahaan dapat menerapkan cara meningkatkan sense of belonging karyawan ini dengan menyelenggarakan family gathering, permainan interaktif, hingga sekedar makan-makan bersama.

Tetapkan Tujuan Bersama

Penentuan tujuan bersama mendorong karyawan untuk merasa menjadi bagian dalam perusahaan dan berusaha mencapai tujuan kelompok. Selama proses pelaksanaannya, anggota tim perlu tetap terkoneksi supaya merasa mendapat dukungan dan bantuan dari kelompok apabila menemukan hambatan. Diperlukan juga sistem komunikasi yang terbuka untuk penyelesaian masalah.

Penilaian Rutin

Cara meningkatkan rasa memiliki di tempat kerja juga dapat melalui penilaian rutin. Perbaikan tidak mungkin dapat dilakukan tanpa penilaian.

Dalam pelaksanaan evaluasi, karyawan dapat saling memberikan saran antar kolega maupun pihak manajemen. Tentunya perlu diciptakan suasana aman dan nyaman supaya karyawan tidak merasa tertekan dalam memberikan feedback.

Diskusi Terbuka

Rendahnya transparansi adalah salah satu masalah utama dalam mengembangkan rasa memiliki ini. Memberikan kesempatan diskusi antara manajer dengan karyawan terkait pengalaman dan rencana bisnis dapat meningkatkan rasa memiliki serta mengurangi resiko konflik internal.

Contoh Sense of Belonging

Salah satu contoh sense of belonging yang sering diterapkan adalah program keakraban. Luangkan waktu agar karyawan dapat mengenal koleganya.

Anda dapat mengadakan acara yang mendorong pengenalan latar belakang, minat hingga keterampilan antar karyawan. Melalui aktivitas-aktivitas itu, manajemen dan pegawai dapat lebih leluasa menunjukkan sisi individualitasnya sehingga bisa mengembangkan ikatan satu sama lain.

Sense of belonging adalah gerbang bagi perusahaan untuk memiliki karyawan berkomitmen dan bermotivasi tinggi. Dalam hal ini, manajemen bertanggung jawab dalam menjalankan pendekatan yang tepat guna membina hubungan sosial antar karyawan.

Tidak mudah memang, tapi bukan berarti mustahil bukan? Pastinya Anda dapat menerapkan beberapa cara meningkatkan dan contoh sense of belonging di atas.


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *