Slip Gaji Karyawan Sederhana dan Cara Membuatnya

what is payslip

Pemberian gaji adalah bagian penting dalam hubungan kerja. Di mana perusahaan perlu menyediakan surat slip gaji karyawan sebagai bukti dan bentuk transparansi. Namun, tak bisa sembarangan, sebab kesalahan perhitungan bisa saja terjadi yang dapat mencederai kontrak kerja sehingga merugikan salah satu pihak.

Maka dari itu, manajemen harus betul-betul memahami cara buat slip gaji karyawan sesuai aturan yang berlaku. Tidak perlu cemas. Anda dapat menyimak apa itu, cara membuat hingga contohnya di sini.

Apa itu Surat Slip Gaji Karyawan?

Dalam bahasa Inggris, slip gaji disebut dengan payslip. Payslip atau slip gaji adalah dokumen resmi tentang besaran gaji serta potongan pajak dari pendapatan yang diterima seorang pegawai secara bulanan. Setiap perusahaan memiliki kebijakan tertentu terkait jenis potongan gaji, semisal untuk pembayaran asuransi kesehatan dan ketenagakerjaan.

Sejatinya, Undang-Undang Nomor 13 Tahun 2003 tentang Ketenagakerjaan tidak menyebutkan keharusan perusahaan memberi slip gaji pada pegawai.

Namun, Pasal 17 Peraturan Pemerintah Nomor 78 Tahun 2015 tentang Pengupahan menjelaskan sebagai berikut: pengusaha wajib memberikan bukti pembayaran upah yang memuat rincian upah yang diterima oleh pekerja/buruh pada saat upah dibayarkan.

Fungsi Surat Slip Gaji Karyawan

Fungsi dari payslip ini tak sebatas sebagai bentuk transparansi antara pekerja dan pihak manajemen. Berikut adalah fungsi-fungsi lainnya.

Informasi Rincian Gaji

Pada dasarnya, fungsi dari slip gaji adalah untuk mengetahui rincian pendapatan yang diterima setiap pegawai per bulan. Biasanya, terdapat 3 jenis komponen perhitungan dalam slip gaji, yaitu gaji pokok, potongan dan bonus serta nominal gaji bersih yang diterima.

Dari rincian tersebut, Anda dapat mengevaluasi kinerja pada bulan tersebut. Semisal, apakah terdapat potongan gaji dari pelanggaran aturan seperti keterlambatan atau ada tidaknya bonus yang didapatkan dari prestasi kerja.

Pendaftaran Kredit

Slip gaji tidak hanya berfungsi sebagai bukti, tapi juga syarat pendaftaran kredit pembelian barang. Saat mengajukan cicilan, biasanya perusahaan kredit akan meminta calon pembeli untuk menunjukkan slip gaji.

Dokumen ini berfungsi sebagai bukti bahwa konsumen memiliki pekerjaan tetap untuk dapat melunasi cicilan.

Negosiasi Gaji

Kendati berpindah pekerjaan, sebaiknya simpan baik-baik slip gaji Anda. Pasalnya, slip gaji ini dapat menjadi alat bantu untuk negosiasi besaran kompensasi di tempat kerja baru Anda.

Dokumen ini akan menjadi pertimbangan perusahaan baru untuk menentukan kisaran gaji untuk Anda. Tentunya ini akan lebih banyak berlaku bila kompetensi dan pengalaman Anda di tempat kerja lama relevan dengan pekerjaan baru.

Cara Buat Slip Gaji Karyawan

Kendati cara membuat slip gaji tidak sulit, formatnya harus tetap memenuhi standar ketentuan yang berlaku. Berikut adalah beberapa komponen dan format cara buat slip gaji karyawan.

Komponen Surat Slip Gaji Karyawan

Tak sekadar surat berisi nominal gaji, payslip harus berisi komponen-komponen berikut ini.

Gaji Pokok

Gaji pokok adalah gaji dasar yang diterima karyawan berdasarkan jabatan atau tugasnya. Perusahaan biasanya memiliki kriteria pembagian gaji pokok berlandaskan jabatan dan jenjang karir yang melambangkan kompetensi serta kualifikasi karyawan.

Tunjangan

Tunjangan adalah besaran tambahan gaji pokok sebagai kompensasi sosial atau insentif kinerja. Yang termasuk dalam kategori ini antara lain adalah tunjangan jabatan, transportasi, akomodasi, dan makan. Secara umum, ada dua jenis tunjangan yaitu tetap dan tidak tetap.

Potongan Gaji

Pemotongan gaji dilakukan atas dasar pajak, pinjaman hingga premi asuransi. Jenis potongan ini beragam berdasarkan ketentuan perusahaan dan keperluan pribadi, semisal apabila karyawan memiliki tagihan kredit pembelian barang tertentu.

Insentif Lain

Insentif lain dapat berupa komisi atau bonus tahunan dan upah lembur. Bonus tahunan biasanya termasuk dalam pendapatan tidak tetap sebagai hasil prestasi kerja. Sementara itu, upah lembur akan didapatkan apabila karyawan bekerja melebihi 40 jam seminggu.

Format Dokumen

Komponen dari slip gaji dapat berbeda di setiap perusahaan, namun format standar dokumen tersebut tetap sama. Cara buat slip gaji karyawan perlu mengikuti format ini agar informasi di dalamnya dapat dianggap akurat dan valid.

Nama Perusahaan

Tampilkan nama perusahaan tempat kerja dalam kepala surat. Hal ini adalah salah satu komponen utama dalam slip gaji karena menunjukkan bahwa perusahaan benar-benar mengeluarkan dokumen tersebut.

Status Kerahasiaan Dokumen

Di bagian bawah nama perusahaan, slip gaji biasanya menampilkan frasa “Private and Confidential”. Hal ini berfungsi sebagai pernyataan bahwa dokumen ini adalah informasi terbatas yang hanya dapat diketahui oleh perusahaan dan staf tersebut.

Data Karyawan

Tidak kalah pentingnya, data pegawai yang menerima harus ditampilkan dalam slip gaji. Data ini termasuk nama, nomor pegawai, divisi, dan NPWP (Nomor Pokok Wajib Pajak).

Besaran Gaji dan Potongan

Komponen utama dalam slip gaji lainnya adalah jumlah gaji dan potongan. Hal ini mencakup perhitungan penambahan serta pengurangan dari gaji pokok, tunjangan, dan insentif lain. Setiap daftarnya harus dibuat rincian, semisal premi kesehatan BPJS dan utang ke koperasi perusahaan.

Keterangan Pembayaran

Keterangan pembayaran gaji berisi tentang pajak bulan berjalan, penghasilan tahun berjalan sebelum dan sesudah dikurangi pajak, total uang yang dibayarkan ke karyawan, nama bank media pembayaran, dan tanggal pembayaran.

Seluruh perhitungan harus tercatat jelas dan dicetak dalam surat slip gaji sehingga karyawan dapat mengetahui rincian pendapatannya. Dokumen slip gaji ini nantinya diserahkan dari pihak perusahaan kepada pegawainya baik dalam bentuk digital atau cetakan fisik.

Contoh Slip Gaji Karyawan

Sebagai penutup, berikut adalah beberapa contoh slip gaji karyawan.

Contoh Slip Gaji Karyawan 1

slip gaji

Contoh Slip Gaji Karyawan 2

slip gaji

Sekian bahasan tentang apa itu, fungsi hingga contoh slip gaji karyawan. Apabila berencana membuat slip gaji, tentunya Anda dapat menggunakan berbagai software sederhana, seperti microsoft word hingga excel.

Selama dokumen tersebut memuat komponen di atas, surat slip gaji karyawan dapat dinyatakan sah sesuai peraturan hukum yang berlaku. Semoga informasi ini bermanfaat, dan jangan lupa juga untuk membaca artikel menarik lainnya hanya di blog Clockster!


Satu tanggapan untuk “Slip Gaji Karyawan Sederhana dan Cara Membuatnya”

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *