Struktur Organisasi: Pengertian, Fungsi, Jenis dan Cara Buat

struktur organisasi adalah

Di dalam suatu pekerjaan, setiap individu atau pekerja memiliki peran dan tanggung jawab berbeda sesuai kedudukannya. Struktur organisasi adalah bagan yang biasanya digunakan untuk menggambarkan susunan tersebut.

Sesuai namanya, fungsi struktur organisasi adalah membuat sebuah organisasi lebih terstruktur dan jelas, sehingga jobdesc, sistem kerja serta SOP dapat berjalan dengan lancar. Namun, apakah perusahaan Anda telah mengimplementasikan hal ini? Jika belum, yuk simak ulasan Clockster berikut sampai habis.

Pengertian Struktur Organisasi

Di atas telah dijabarkan sedikit mengenai pengertian struktur organisasi. Akan tetapi lebih lengkapnya, struktur organisasi adalah sistem yang mengilustrasikan tingkatan hierarki atau pangkat kedudukan seseorang dalam organisasi itu sendiri.

Bagan tersebut dibuat demi kemudahan operasi bisnis dalam mencapai target mereka. Dari struktur ini juga para pekerja bisa mengetahui kepada siapa ia bertanggung jawab. Sehingga, kekacauan dalam pembagian tugas pun dapat dihindari.

Fungsi Struktur Organisasi

Fungsi atau kegunaan struktur organisasi adalah sebagai dasar perusahaan untuk menjalankan segala keputusan. Identifikasi tugas dan peran dalam sebuah organisasi atau company juga lebih jelas dengan bagan tersebut. Jika disingkap lebih jauh, maka fungsi struktur organisasi terdiri dari:

Memperjelas Peran dan Kedudukan Anggota Organisasi

Utamanya, fungsi struktur organisasi adalah memperjelas peranan dan kedudukan masing-masing individu yang terlibat dalam organisasi itu sendiri. Di situ dituliskan jabatan atau roles setiap pekerja serta divisi/tim Anda.

Memahami Alur Penanggung Jawab Tugas Organisasi

Selanjutnya, setelah peran dan kedudukan tergambar dengan jelas maka alur pertanggungjawaban tugas juga bisa lebih mudah dipahami. Fungsi adanya garis penghubung dalam struktur organisasi adalah untuk memperlihatkan kepada siapa Anda harus bekerja dan melaporkan tugas.

Menyelesaikan Tugas dengan Efektif dan Efisien

Alur pekerjaan yang jelas akan membantu perusahaan atau organisasi tersebut menyelesaikan program dengan efektif dan efisien karena tidak perlu ada waktu yang terbuang untuk identifikasi ulang tentang tugas per individu.

Membangun Komunikasi Internal yang Lebih Baik

Berhubungan dengan kejelasan alur tugas yang baik, komunikasi internal antar pekerja pun juga akan membaik. Mereka akan paham kepada siapa mereka harus berdiskusi perihal pekerjaan A, pekerjaan B, dan seterusnya.

Mengembangkan Organisasi Perusahaan

Sehingga pada akhirnya fungsi struktur organisasi adalah mengembangkan organisasi itu sendiri. Berawal dari kejelasan komunikasi hingga keefektifan pengerjaan tugas, perusahaan bisa melihat apa yang telah mereka capai selama ini.

Kemudian hal tersebut dapat dijadikan acuan evaluasi untuk meningkatkan perkembangan organisasi atau perusahaan di masa depan.

Jenis Struktur Organisasi

Terdapat beberapa jenis struktur organisasi, tergantung dari bidang-bidang yang ada di perusahaan atau organisasi itu sendiri. Jika diklasifikasikan secara umum, berikut adalah berbagai jenis struktur organisasi yang umum digunakan.

Struktur Hierarki

Jenis struktur organisasi hierarki biasanya ditandai dengan bagian awal bagan yang menunjukkan posisi pimpinan perusahaan seperti CEO. Alur tingkatannya bergerak ke bawah.

Ada dua jenis garis yang menggambarkan hubungan dalam hierarki organisasi yaitu vertikal berarti kedudukannya lebih tinggi atau rendah, sedangkan horizontal menunjukkan posisi sejajar.

Struktur Fungsional

Struktur fungsional adalah jenis yang paling sering ditemukan. Ciri khasnya terletak pada klasifikasi karyawan dalam beberapa departemen bidang organisasi. Jadi setiap orang mengetahui dengan benar mereka masuk dari bagian tim apa.

Struktur Lingkaran

Di tengah modernisasi perusahaan, muncul jenis struktur organisasi ketiga yaitu struktur lingkaran. Berbeda dengan hierarki dan fungsional yang mengandalkan garis vertikal maupun horizontal, dalam struktur ini terdapat beberapa lapisan lingkaran yang menggambarkan peranan dan kedudukan seseorang.

Semakin dalam keberadaan individu dalam lingkaran, semakin penting posisi mereka.

Struktur Matriks

Jenis struktur organisasi selanjutnya adalah struktur matriks yang juga berfungsi menggambarkan peranan tiap individu dalam kelompok. Perbedaan dari jenis lainnya adalah keberadaan garis putus yang menggambarkan hubungan tidak langsung kepada manajer divisi.

Cara Membuat Struktur Organisasi Perusahaan

Kini Anda telah mengetahui pengertian struktur organisasi perusahaan hingga jenis-jenisnya, sekarang saatnya Anda memahami cara membuat struktur organisasi perusahaan.

Pembuatan bagan ini bisa dilakukan siapa saja, tetapi pada umumnya tim sumber daya manusia perusahaan lah yang mengerjakannya. Bagaimana langkah-langkahnya? Langsung saja ikuti cara membuat struktur organisasi perusahaan di bawah.

  1. Menyiapkan informasi dan data individu yang akan dimasukkan
  2. Menyesuaikan bidang kerja perusahaan dan jenis struktur organisasi sesuai kebutuhan
  3. Mulai menggambar sketsa bagan dari jenis yang dipilih
  4. Menentukan posisi masing-masing individu sesuai jabatan mereka
  5. Mulai menuliskan data-data pasti ke dalam bagan

Menerapkan struktur organisasi adalah hal yang wajib bagi suatu perusahaan demi perkembangan bisnis tersebut. Di samping itu, karyawan juga dapat melihat bagaimana dan kepada siapa mereka bekerja.

Jenis – jenis struktur organisasi di atas juga bermanfaat dalam mencapai manajemen sumber daya manusia yang lebih baik.

Sekian ulasan mengenai pengertian, fungsi, jenis hingga cara membuat struktur organisasi perusahaan. Jangan lupa kunjungi blog Clockster untuk informasi seputar perusahaan dan hal-hal terkait lainnya.


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *