4 Contoh Surat Keterangan Karyawan Sesuai Kepentingan

surat keterangan karyawan

Sebagian besar orang yang bekerja di bawah satu perusahaan pastinya sudah tidak asing lagi dengan surat keterangan karyawan. Biasanya, dokumen tersebut diperlukan untuk berbagai kebutuhan karyawan itu sendiri.

Surat keterangan pegawai termasuk golongan surat resmi yang punya beberapa isi penyusun di dalamnya. Ingin tahu panduan lengkap cara membuat dan contoh surat keterangan karyawan? Berikut Clockster rangkum untuk Anda!

Apa itu Surat Keterangan Karyawan

Dokumen berupa surat keterangan kerja adalah dokumen resmi yang dapat diminta staf kepada pihak HRD untuk beberapa keperluan penting. Umumnya, secara garis besar surat tersebut berisi tentang pernyataan resmi adanya ikatan pekerja dan perusahaan.

Selain itu, surat keterangan kerja karyawan adalah dokumen yang bisa dijadikan bukti jabatan dan durasi bekerja seseorang dalam perusahaan.

Isi Surat Keterangan Karyawan

Secara teknis, surat keterangan kerja karyawan adalah salah satu bentuk surat resmi atau formal. Selain penulisannya yang harus dalam bahasa baku, ada beberapa isi yang harus dituliskan dalam surat yaitu:

Kop surat

Karena surat keterangan pegawai adalah dokumen resmi, artinya tentu perlu ada pertanggungjawaban berupa kop surat pada bagian kepala surat. Biasanya, kop surat ini mencantumkan nama dan logo perusahaan Anda.

Identitas Diri

Bagian identitas diri juga penting dalam surat keterangan kerja karyawan. Pencantuman isi yang satu ini dibagi menjadi dua bagian yaitu identitas yang menerangkan dan yang diterangkan. Seperti identitas pada umumnya, Anda perlu menuliskan nama lengkap, NIP/ NIK, alamat, jabatan, dan informasi penting lainnya.

Perihal Isi Surat

Sebagai upaya memperjelas maksud pembuatan surat, Anda juga perlu menuliskan perihal tujuan dalam isi surat. Biasanya isi surat dituliskan dalam bentuk pernyataan membenarkan adanya ikatan antara karyawan dan perusahaan serta beberapa tujuan lain.

Penutup Surat

Kemudian, struktur terakhir surat keterangan kerja adalah penutup. Dalam bagian ini Anda bisa membubuhkan tanda tangan pembuat dan pemohon surat. Jangan lupa juga untuk menuliskan tempat serta tanggal pembuatan surat.

Fungsi Surat Keterangan Karyawan

Bagi seorang pekerja, surat keterangan kerja karyawan adalah berkas yang bisa didapat untuk memenuhi persyaratan beberapa keperluan penting seperti mengajukan pinjaman ke bank, mendaftar beasiswa, dan lain-lain.
Semua hal tersebut bisa masuk dalam fungsi surat keterangan kerja karyawan. Simak penjelasan lengkapnya dalam beberapa poin di bawah ini.

Pendaftaran Beasiswa

Walaupun bekerja di bawah perusahaan, tidak jarang ada beberapa karyawan yang masih melanjutkan studinya dengan mencari beasiswa. Kebanyakan para penyedia beasiswa resmi akan meminta contoh surat keterangan kerja pegawai dari perusahaan tempat mereka bekerja.

Pengajuan Pinjaman ke Bank

Jika seorang staf punya urusan lain yang mengharuskan mereka meminjam uang ke bank, biasanya dokumen semacam ini tetap juga jadi salah satu syarat wajib pengajuan. Mengapa? Hal tersebut karena dokumen surat akan menjadi jaminan bank.

Penarikan Dana BPJS

Seperti yang umum diketahui, kita mengenal BPJS Ketenagakerjaan yang sudah seharusnya menjadi hak karyawan. Pada umumnya, memang dana yang termasuk dalam BPJS tersebut diambil saat selesai bekerja di perusahaan. Namun pada kondisi tertentu, karyawan bisa mengajukan pencairan dana dengan salah satu prasyarat dokumen SK.

Persyaratan Melamar Kerja

Kemudian, di samping ketiga hal tersebut SK juga bisa menjadi salah satu berkas pengajuan lamaran kerja. Saat beralih ke perusahaan baru, biasanya pengalaman kerja menjadi salah satu pertimbangan.

Berbeda dengan beberapa keperluan sebelumnya, untuk hal yang satu ini Anda bisa meminta contoh surat keterangan sudah tidak bekerja lagi pada HRD. Dengan begitu, dokumen tersebut bisa terhitung sebagai work experience Anda dalam resume.

Manfaat Surat Keterangan Karyawan

Dokumen resmi seperti keterangan sudah tidak bekerja lagi dan sejenisnya tentu penting untuk menunjukkan kredibilitas pegawai. Adapun beberapa manfaat lainnya, yaitu:

Keterangan Baik bagi Karyawan

Surat ini biasanya berisi penilaian umum tentang pemohon. Sehingga bisa menjadi dokumen yang menerangkan sikap baik karyawan. Khususnya dalam contoh surat keterangan sudah tidak bekerja lagi, keterangan ini sangat penting agar menciptakan impresi yang baik juga di calon perusahaan baru.

Syarat Administrasi yang Kredibel

Karena dokumen SK diterbitkan langsung dari pihak perusahaan tempat karyawan bekerja, bisa dibilang surat tersebut punya kredibilitas tinggi. Hal ini baik jika Anda perlu berhubungan dengan instansi-instansi resmi dalam berbagai kepentingan.

Bentuk Apresiasi Perusahaan

Di samping syarat administrasi, SK juga bisa jadi bentuk apresiasi perusahaan. Setidaknya dengan keterangan penilaian umum yang menggambarkan sikap baik karyawan, kinerja pegawai sudah mendapatkan bentuk penghargaan dari perusahaan itu sendiri.

Itu tadi pembahasan Clockster tentang contoh surat keterangan karyawan. Biasanya, perusahaan akan dengan terbuka mengizinkan Anda sebagai karyawan untuk mengajukan permohonan pembuatan dokumen tersebut asalkan nantinya tidak ada penyalahgunaan. Temui ulasan informatif lainnya melalui blog Clockster. Semoga bermanfaat!

,

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *