Bagaimana Cara Menggunakan Sistem Kontrol Akses Biometrik?


Biometrik adalah ciri fisik unik yang dapat digunakan untuk mengidentifikasi seseorang. Banyak dari kita yang akrab dengan sistem kontrol akses berdasarkan biometrik. Di film, kita sering melihatnya di laboratorium atau fasilitas dengan keamanan tinggi. Namun, tidak semua orang tahu bahwa teknologi biometrik juga dapat digunakan untuk usaha kecil dan menengah.

Pada artikel ini, kita akan berbicara tentang cara menggunakan sistem kontrol akses biometrik untuk bisnis Anda.

Cara Penerapannya Untuk Bisnis Anda

Sebagian besar usaha kecil dan menengah menggunakan biometrik untuk kontrol akses. Data karyawan (seperti foto untuk sistem pengenalan wajah, atau sidik jari) diunggah ke sistem, memungkinkan perangkat penyaringan untuk melakukan proses identifikasi dan otentikasi sebelumnya. Sehingga mencegah orang yang tidak berkepentingan masuk.

Akses ke absensi adalah sarana yang berharga bagi manajer SDM. Melakukan absensi melalui perangkat kontrol akses jauh lebih mudah daripada menggunakan metode tradisional, seperti kartu atau absensi manual. Data yang diterima dari perangkat kontrol akses jauh lebih akurat, karena sistem ini mencegah karyawan dari “buddy punching” atau melakukan absensi untuk karyawan lain yang datang terlambat atau pulang lebih awal.

Mengapa Harus Pakai Sistem Kontrol Akses Biometrik?

Kartu RFID atau kunci biasa dapat hilang, dicuri, atau digunakan oleh orang lain untuk tujuan yang dijelaskan di atas. Sedangkan sistem kontrol akses biometrik, meski tidak sepenuhnya mustahil untuk diakali, tetap memberikan keamanan yang lebih baik dibandingkan dengan pintu atau pintu putar yang beroperasi melalui kartu atau kunci.

Alasan lain mengapa teknologi biometrik lebih nyaman adalah karyawan tidak perlu membawa kartu atau kunci autentikasi apa pun. Oleh karena itu mereka tidak perlu menghabiskan waktu untuk mencarinya atau kesulitan masuk jika mereka lupa.

Kami juga perlu menyebutkan tentang efisiensi biaya. Meskipun sistem biometrik lebih mahal untuk dipasang, biaya pemeliharaannya lebih murah. Karyawan sering kehilangan kartu/kunci akses dan biaya untuk membeli pengganti akan bertambah dengan cepat. Belum lagi menyesuaikan sistem kembali, membuat kunci baru untuk karyawan, dan mengubah kata sandi juga akan menghabiskan banyak waktu kerja Anda sehingga Anda dapat menghabiskan waktu untuk sesuatu yang lebih produktif.

Memasang sistem kontrol akses biometrik sebenarnya bukanlah proses yang rumit.

Dengan Clockster Anda bisa mendapatkan perangkat biometrik berkualitas tinggi yang dapat diakses untuk bisnis Anda. Perangkat lunak disertakan.

Dapatkan akses ke laporan absensi, data dengan rekaman foto pengunjung yang tidak terdaftar, dan banyak lagi.

Untuk informasi lebih lanjut, silakan mengirim email kepada kami di info@clockster.com atau tinggalkan komentar di bawah, kami akan menghubungi Anda.


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *