Business Consultant: Manfaat, Tugas, dan Tanggung Jawabnya

business consultant

Business consultant adalah profesi yang memberikan pendampingan berupa saran dan solusi kepada sebuah perusahaan. Posisi ini tentu sudah tidak asing lagi dalam dunia bisnis dan perekonomian. Bahkan keberadaannya semakin populer di tengah berkembangnya industri.

Namun sebenarnya siapa saja yang bisa terjun dan menekuni posisi ini? Bagaimana cara kerja business consultant? Simak informasi selengkapnya melalui ulasan Clockster berikut.

Pengertian business consultant

Business consultant adalah seseorang yang bekerja untuk membimbing suatu organisasi. Selain mengusulkan saran, business consultant atau konsultan bisnis juga harus tanggap dan menganalisa suatu masalah dengan baik.

Konsultan bisnis seringkali direkrut perusahaan untuk membantu perencanaan dan pengembangan bisnis. Biasanya, mereka akan melakukan observasi secara mendalam serta menyiapkan strategi yang tepat.

Terlepas dari hubungannya dengan perusahaan, konsultan bisnis adalah pekerjaan yang memiliki waktu kerja lebih fleksibel. Mereka tidak diwajibkan untuk bekerja selama 8 – 9 jam di kantor. Bahkan terkadang, mereka hanya butuh datang apabila diminta oleh perusahaan tersebut.

Konsultan bisnis adalah pekerjaan yang berbeda dengan bisnis coach atau mentor. Ada beberapa keuntungan yang hanya bisa diraih apabila Anda merekrut bisnis konsultan. Tugas dari mentor atau coach bersifat arahan sementara, sedangkan konsultan lebih permanen karena mereka yang membantu memastikan bahwa bisnis Anda bergerak di arah yang benar.

Selain itu, Anda bisa melakukan perubahan strategi bisnis kapan saja sesuai dengan keinginan, karena konsultan bisnis dapat menggali strategi alternatif, bukan hanya memberikan jawaban yang benar sesuai buku.

Di sisi lain, Anda tidak harus terus bergantungan pada mentor atau coach apabila Anda sudah memiliki kerangka mindset yang benar.

Tugas dan tanggung jawab business consultant

Tugas dan tanggung jawab business consultant tidak hanya sekedar memberikan solusi. Namun termasuk hal-hal sebagai berikut.

Memberikan konsultasi

Pertama, konsultan bisnis diwajibkan untuk dapat memberikan layanan konsultasi kepada perusahaan. Biasanya, mereka terlebih dahulu menganalisa dan mempelajari kondisi suatu bisnis. Sehingga konsultasi dapat berjalan dengan lancar dan meninggalkan impresi yang baik.

Membuat rencana dan peluang bisnis

Kedua, seorang konsultan bisnis harus bisa mengembangkan rencana bisnis untuk meningkatkan peluang. Termasuk juga langkah-langkah yang akan ditempuh agar dapat memenuhi target tersebut.

Business Consultant harus mampu mengidentifikasi masalah

Ketiga, tugas konsultan bisnis adalah mengidentifikasi masalah agar mereka dapat mengevaluasi dan menyusun strategi yang cocok untuk mengembangkan bisnis tersebut.

Menawarkan sejumlah solusi

Keempat, konsultan bisnis bertanggung jawab untuk memberikan tidak hanya satu, melainkan sejumlah solusi atas suatu masalah. Sehingga, klien diberikan kesempatan untuk melihat strategi dari berbagai sudut pandang dan memilih manakah yang dirasa paling cocok untuk diterapkan di perusahaannya.

Aktif berkomunikasi dengan client

Terakhir, konsultan bisnis memiliki tanggung jawab untuk menjalin komunikasi yang aktif dengan klien. Segala macam informasi yang berhubungan dengan kepentingan klien harus terus dikomunikasikan, untuk mendorong kemajuan perusahaan.

Manfaat business consultant

Lalu, apa saja manfaat dari merekrut seorang konsultan bisnis? Manfaat business consultant adalah sebagai berikut.

Membantu analisa perkembangan bisnis

Konsultan mampu membantu dan memandu perkembangan bisnis Anda untuk mencapai target. Mereka akan mempersiapkan serta menganalisa secara konsisten agar pertumbuhan perusahaan dipastikan bergerak sesuai dengan perencanaan awal.

Mengatasi masalah dan mencari solusi

Seseorang dapat dikatakan sebagai konsultan ketika memiliki jam terbang yang tinggi atau pengalaman yang banyak dan sudah melihat masalah di berbagai perusahaan. Hal tersebut tentunya dapat membantu Anda mengatasi problema di perusahaan Anda. Solusi yang bersifat mengantisipasi juga bisa Anda peroleh dari seorang konsultan.

Menghindari kerugian

Keberlangsungan bisnis Anda juga dapat dijamin dari seorang konsultan bisnis. Bagaimana bisa? Karena konsultan dapat mengidentifikasi kerugian-kerugian yang belum tentu Anda ketahui, apalagi masalah keuangan bisnis Anda. Mereka bisa membantu untuk menganalisa dan memproyeksikannya secara mendalam.

Memperluas jaringan perusahaan

Konsultan bisnis adalah seseorang yang dapat membantu perusahaan untuk memperluas jaringan kerjasama, karena merekalah yang selama ini berurusan dengan banyak orang dari latar belakang yang berbeda-beda. Jika perencanaan bisnis Anda memerlukan sumber daya manusia tertentu, konsultan dapat membantu Anda.

Kriteria business consultant

Bagi Anda yang ingin menjadi seorang konsultan, kriteria-kriteria untuk menjadi business consultant adalah sebagai berikut.

Business Consultant membutuhkan skill berpikir kritis

Saat mempelajari kondisi suatu perusahaan, konsultan bisnis harus berpikir kritis untuk menemukan masalah-masalah yang tidak dapat diidentifikasi oleh pekerja biasa. Mereka juga wajib memahami strategi yang tepat agar mendapatkan peluang. Termasuk menganalisa kelemahan dan kekuatan dari solusi tersebut.

Tanggap terhadap masalah

Dari masalah yang hadir, konsultan bisnis harus tanggap dalam memberikan dan mengevaluasi solusi. Mereka juga diharuskan untuk mengulas informasi terkait masalah yang ada karena pemahaman yang baik akan berpengaruh pada strategi yang diambil.

Komunikatif

Menjalin komunikasi secara aktif dan efektif sudah menjadi cara kerja business consultant. Maka dari itu, business consultant adalah pribadi yang komunikatif.

Negosiasi

Negosiasi menjadi bagian dari cara kerja business consultant. Hal ini dibutuhkan untuk membantu perusahaan mendamaikan masalah yang ada. Termasuk juga perbedaan di antara pekerja yang berpotensi menimbulkan masalah.

Itu dia informasi terkait tugas dan tanggung jawab business consultant. Jika seseorang ingin menekuni profesi ini tentu ia harus memiliki kemampuan analisis yang baik. Oleh karena itu tidak semua orang bisa menjadi seorang konsultan bisnis. Mari kunjungi laman Clockster untuk artikel menarik lainnya.


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *