Contoh Cover Letter Dalam Bahasa Indonesia & Inggris


Apabila Anda hendak melamar pekerjaan dalam waktu dekat, jangan lupa untuk mencari beberapa referensi atau contoh cover letter yang baik agar berkas lamaran kerja Anda tampil lebih menonjol dibandingkan pelamar lainnya.

Cover letter adalah salah satu berkas yang dapat dimanfaatkan calon pekerja untuk menunjukkan karakter dan kepribadian dirinya dengan tujuan meninggalkan kesan kepada tim HRD perusahaan. Namun, bagaimana cara membuatnya?

Di bawah adalah beberapa contoh cover letter bahasa Inggris dan Indonesia dari Clockster yang bisa Anda jadikan referensi. Simak sampai habis, ya!

Apa itu Cover Letter?

Cover letter adalah surat pengantar dokumen kerja, ketika Anda hendak melamar di suatu perusahaan. Surat ini yang pertama kali akan dilirik oleh perekrut. Maka dari itu, penting untuk membuat cover letter yang baik dan dapat menarik perhatian mereka.

Cara Membuat Cover Letter

Isi cover letter biasanya lebih pendek jika dibandingkan dengan dokumen kerja lainnya. Namun, masih banyak orang yang tidak memahami cara menulis cover letter dengan baik dan benar.

Hal pertama yang harus diperhatikan adalah format itu sendiri. Cover letter yang baik harus ditulis secara singkat dan jelas. Akan tetapi, tetap memuat informasi yang menjelaskan kemampuan diri Anda dengan kualifikasi yang diminta.

Selanjutnya, hindari kesalahan dalam penulisan. Segala macam typo dan pemilihan kata yang tidak sesuai dapat berakhir fatal, karena hal tersebut menandakan bahwa Anda tidak teliti.

Terakhir, jangan mengulang informasi yang sudah ditulis di dokumen kerja lain. Cover letter yang baik harus menjelaskan keterangan yang tidak ada di CV atau surat lamaran kerja. Serta menyakinkan rekruter mengapa mereka harus merekrut Anda. Di sinilah kesempatan Anda mempromosikan diri sebaik mungkin.
## Contoh Cover Letter
Jika Anda masih belum terlalu paham bagaimana cara membuat cover letter, berikut adalah contoh cover letter yang baik untuk dijadikan referensi.

Contoh Cover Letter Bahasa Indonesia

Berikut adalah contoh cover letter bahasa Indonesia tentang seorang pekerja yang hendak melamar posisi di perusahaan lain:

Yang terhormat Bpk/Ibu Manager HRD [nama perusahaan],

Lewat surat ini, saya ingin menyampaikan ketertarikan saya untuk melamar pekerjaan sebagai [posisi] di [nama perusahaan]. Adapun, saya menemukan informasi mengenai lowongan pekerjaan ini di [tempat Anda menemukan informasi].

Saat ini, saya sedang bekerja di [nama perusahan] sebagai [jabatan] selama [waktu kerja].

Dalam kurung waktu [waktu kerja] saya bekerja di bidang ini, saya diberikan kesempatan untuk terlibat di berbagai projek. Beberapa di antaranya adalah [sebutkan nama kegiatan dan jelaskan apa yang Anda lakukan].

Selain itu, saya juga mendalami ilmu dan keterampilan yang saya miliki dengan mengikuti workshop [kegiatan pengembangan diri yang pernah Anda ikuti].

Saya yakin bahwa pengalaman dan kemampuan yang saya punya dapat menjadi aset dan bermanfaat bagi perusahaan Anda. Sebagai seorang pekerja keras yang gigih, saya yakin saya dapat beradaptasi dan melakukan pekerjaan sesuai dengan standar perusahaan Anda.

Terlampir adalah salinan resume dan portofolio yang dapat menjadi pertimbangan dari latar belakang dan keterampilan saya.

Jika Bapak/Ibu ada pertanyaan atau membutuhkan detail mengenai informasi apapun, silakan hubungi saya di [nomor telfon] atau melalui email [email Anda].

Terima kasih atas waktu dan perhatian yang sudah diberikan. Besar harapan saya untuk dapat berbicara dengan Anda di lain kesempatan.

Hormat saya,

[nama Anda]

Contoh Dalam Bahasa Inggris

Berikut adalah contoh cover letter bahasa inggris yang hendak melamar posisi serupa di perusahaan berbeda.

Dear [To whom this message was sent],

My name is [Your name] and through this letter I would like to apply for the position of [Job position] in [Company name]. Your recruitment has attracted my attention and I believe that my experience and prior knowledge would fit with the criteria you’re looking for.

After I obtained my degree in [Your Bachelor Degree] in [University name], I have been working in [Current workplace] as a [Job position]. I was responsible for [What’s your job desk] for the company. My contribution has led the company to a positive impact where we were able to [Your most significant contribution to the company].

During the past [How many years] years, I have shown my eagerness to learn and give my best contribution to the company. I would also like to apply these prior knowledge and techniques that I have in your company. I believe that I could help [Company name] to [Contribution that you can give to the company]. Also I am also thrilled with the fact that [Company name] core value, which is [the company value], have matched with my vision and personal standards.

Please do find my resume and other documents for your consideration. Thank you for your time. I look forward to hearing from you for the next stage.

Sincerely,

[Your name]

Contoh Cover Letter Magang untuk Mahasiswa

Berikut adalah contoh cover letter magang untuk mahasiswa yang ingin mencari pengalaman kerja.

Yang terhormat Bpk/Ibu Manager HRD [nama perusahaan],

Lewat surat ini, saya ingin menyampaikan ketertarikan saya untuk melamar magang sebagai [posisi] di [nama perusahaan]. Adapun, saya menemukan informasi mengenai lowongan magang di [tempat Anda menemukan informasi].

Sebagai mahasiswa jurusan [jurusan kuliah Anda] di Universitas [nama universitas], saya percaya bahwa ilmu yang saya miliki sangat cocok dan berhubungan dengan posisi ini. Semasa kuliah, saya telah dibekali dengan keterampilan dan pengetahuan yang dapat membantu perusahaan Anda untuk [apa yang bisa Anda lakukan untuk perusahaan].

Dengan pengalaman berorganisasi dan pencapaian yang saya miliki, saya yakin bahwa kemampuan saya untuk [tuliskan kemampuan Anda] dapat menjadi modal utama saya untuk menjalani magang ini. Sebagai seorang pekerja keras dan memiliki keinginan untuk belajar, saya yakin bahwa saya dapat beradaptasi dan melakukan pekerjaan sesuai dengan standar perusahaan Anda.

Keaktifan saya di banyak kegiatan akademis dan ekstrakurikuler [tulislah contoh kegiatan yang pernah Anda ikuti] juga telah membantu mengembangkan keterampilan [keterampilan yang Anda kembangkan].

Saya juga melampirkan beberapa dokumen sebagai pertimbangan dan keperluan kelengkapan administrasi yakni:

– Curriculum Vitae

– Fotocopy Transkrip Nilai

– [dokumen lainnya yang diminta]

Demikian informasi yang bisa saya sampaikan untuk menjadi pertimbangan lebih lanjut. Saya berharap untuk dapat bertemu langsung dengan Anda di sesi wawancara agar saya dapat membahas kualifikasi dan kemampuan saya untuk [nama perusahaan].

Jika Bapak/Ibu membutuhkan detail lebih lanjut mengenai informasi apapun, silakan hubungi saya di [nomor telfon] atau melalui email [email Anda].

Terima kasih atas waktu dan perhatian Bapak/Ibu. Saya akan menantikan kabar dari Anda.

Hormat saya,

[nama Anda]

Contoh Untuk Fresh Graduate

Berikut adalah contoh cover letter fresh graduate yang hendak melamar pekerjaan pertamanya.

Yang terhormat Bpk/Ibu Manager HRD [nama perusahaan],

Lewat surat ini, saya ingin menyampaikan ketertarikan saya untuk melamar pekerjaan sebagai [posisi] di [nama perusahaan]. Adapun saya menemukan informasi mengenai lowongan pekerjaan ini di [tempat Anda menemukan informasi].

Saya merupakan seorang fresh graduate dari [nama universitas] [jurusan] dengan nilai IPK [nilai IPK Anda].

Semasa kuliah, saya pernah mendapatkan kesempatan untuk magang di [nama perusahaan magang] dengan posisi yang serupa selama [berapa lama Anda magang]. Saya diberikan tanggung jawab untuk [jelaskan beberapa pekerjaan yang Anda lakukan saat magang]. Dari situ saya juga belajar [apa yang Anda pelajari].

Pencapaian terbesar saya selama magang adalah [jelaskan pencapaian Anda]. Dampak positif juga dirasakan oleh perusahaan setelah itu. Kami menerima [apa dampak kepada perusahaan].

Besar harapan saya agar pengalaman tersebut bisa menjadi modal agar saya dapat memberikan performa yang memuaskan untuk perusahaan Anda.

Selain itu, peran aktif saya di sejumlah kegiatan akademis dan ekstrakurikuler [tulislah contoh kegiatan yang pernah Anda ikuti] juga telah membantu saya mengembangkan keterampilan [keterampilan yang Anda kembangkan].

Saya juga melampirkan beberapa dokumen sebagai pertimbangan dan keperluan kelengkapan administrasi yakni:

– Curriculum Vitae

– Fotocopy Ijazah

– Fotocopy Transkrip Nilai

– Surat Keterangan Selesai Magang

– [dokumen lainnya yang diminta]

Demikian informasi yang bisa saya sampaikan untuk menjadi pertimbangan lebih lanjut.

Saya berharap bisa bertemu langsung dengan Anda di sesi wawancara untuk membahas lebih jauh kualifikasi dan kemampuan saya untuk menjadi aset bagi [nama perusahaan].

Jika Bapak/Ibu ada pertanyaan atau membutuhkan detail lebih lanjut mengenai informasi apapun, silakan hubungi saya di [nomor telfon] atau melalui email [email Anda].

Terima kasih atas waktu serta perhatian yang sudah diberikan. Saya akan menantikan kabar dari Anda.

Hormat saya,

[nama Anda]

Contoh Cover Letter Lamaran Kerja via Email

Cover letter email bahasa Indonesia berikut ditulis lebih singkat. Ini dia contoh cover letter lamaran kerja via email.

Subjek email: [nama Anda] Cover Letter: [posisi yang hendak di lamar]

Isi email:

Dengan Hormat,

Sebelumnya perkenalkan saya [nama Anda]. Saya menemukan informasi lowongan pekerjaan sebagai [posisi kerja] di [nama perusahaan], sebagaimana diiklankan melalui [tempat Anda menemukan informasi lowongan].

Sebagai seorang [jabatan saat ini], saya telah membekali banyak ilmu dan pengalaman yang dapat menjadi modal untuk bekerja di perusahaan Anda. Selama bekerja di [nama tempat perusahaan sebelumnya], saya diberikan tanggung jawab untuk [tanggung jawab pekerjaan Anda di perusahaan sebelum].

Bersama ini, saya lampirkan resume dan [dokumen kerja atau portofolio yang Anda ingin cantumkan]. Jika ada dokumen dan informasi yang kurang jelas, silahkan hubungi saya melalui email ini atau nomor telepon di [nomor Anda].

Terima kasih atas waktu dan perhatiannya. Besar harapan saya untuk mendapat kabar dari Anda.

Hormat saya,

[Nama Anda]

Itu tadi pembahasan tentang pengertian, cara membuat hingga contoh cover letter yang baik untuk melamar kerja. Jangan lupa juga persiapkan diri secara matang agar proses rekrutmen berjalan lancar, yang mana salah satunya adalah dengan memperbanyak pengetahuan seputar dunia karir melalui blog Clockster.

,

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *