Etika Bisnis: Tujuan dan Contoh Penerapannya

etika bisnis adalah

Etika bisnis adalah salah satu elemen yang harus ada untuk menjalankan sebuah perusahaan. Etika ini bertindak sebagai pedoman dan landasan moral bagi seluruh anggota pelaku bisnis. Lantas seberapa penting etika bisnis.

Tentu sangat penting karena etika bisnis berguna untuk memastikan bahwa setiap kegiatan bisnis dilakukan sesuai dengan norma dan aturan yang telah disepakati. Di artikel ini, Clockster akan mengulas lebih lengkap tentang apa itu etika bisnis, prinsip, dan manfaatnya.

Pengertian etika bisnis

Etika bisnis setiap perusahaan akan berbeda-beda. Namun tujuan utamanya adalah membuat hubungan yang baik dan sehat antara karyawan, pimpinan, atau bagian eksternal lainnya.

Tidak hanya itu, etika bisnis juga menjadi standar dan pedoman yang harus diikuti oleh pekerja di suatu perusahaan. Mengapa? Karena implementasi etika dapat membantu pengerjaan operasional kantor menjadi lebih transparansi, bermoral, dan profesional.

Pengertian etika bisnis juga dikemukakan oleh para ahli. Menurut Velasquez, etika bisnis adalah sebuah studi yang berfokus pada moral benar dan salah. Termasuk juga memikirkan standar moral seperti apa yang bisa diterapkan dalam konteks institusi atau bisnis.

Ada juga pengertian etika bisnis dari Yosephus. Yosephus mengatakan bahwa etika dalam bisnis merupakan etika terapan yang mana penerapan prinsip-prinsip tersebut umumnya diimplementasikan pada kegiatan-kegiatan manusia seperti berbisnis.

Dengan demikian, sasaran dari penerapan etika ini ditujukan kepada perilaku moral pebisnis dalam menjalankan kegiatanya.

Tujuan etika bisnis

Lantas, mengapa Anda harus menerapkan etika bisnis? Apa kegunaannya? Beberapa tujuan etika bisnis adalah sebagai berikut.

Membentuk standar manajemen yang efektif

Sebuah batasan selalu dibutuhkan, oleh karenanya etika dan standar tersebut dibentuk guna menghindari kecurangan, tidak profesional, imaje yang buruk, hingga operasional bisnis yang tidak efektif dan efisien.

Jadi penting bagi pebisnis untuk menciptakan sebuah etika dengan tujuan mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan.

Meningkatkan integritas moral

Menjalani bisnis memang fokus utamanya adalah mencari untung. Namun dalam mencapai target profit, pebisnis harus melakukan dan melewati banyak proses.

Proses-proses tersebut seringkali berhubungan dengan kesadaran moral. Agar segala macam perselisihan dan hal negatif lainnya dapat dihindari.

Memberikan motivasi bisnis

Salah satu tujuan etika bisnis adalah memotivasi agar pelaku bisnis dapat meningkatkan kemampuan dan menjalankan kegiatan ekonomi semaksimal dan sebaik mungkin. Motivasi ini juga dapat menjadi faktor penggerak suatu bisnis untuk terus berkembang dan berinovasi.

Meningkatkan relasi

Berbicara mengenai etika berarti ada norma-norma yang diterapkan. Nilai-nilai yang baik ini patut diterapkan agar suatu bisnis dapat meningkatkan relasinya dengan pemangku kepentingan. Misalnya, hubungan yang terjalin terus harmonis, sehat, dan terjaga.

Manfaat etika bisnis

Menerapkan etika bisnis juga memiliki manfaat baik bagi perusahaan. Manfaatnya adalah sebagai berikut.

Menjunjung moralitas

Manfaat pertama adalah menjunjung moralitas. Etika bisnis dan moralitas memiliki hubungan yang erat. Namun intinya, nilai-nilai ini akan memberikan efek secara positif, atas perilaku dan moral karyawan perusahaan itu sendiri.

Meningkatkan kepercayaan

Kedua, manfaat etika bisnis adalah meningkatkan kepercayaan. Mengambil kepercayaan dapat dimulai dengan kejujuran. Perusahaan yang menerapkan etika bisnis berpotensi mendapatkan loyalitas dan rekomendasi dari konsumen.

Ingat, ucapan dari mulut ke mulut memainkan peran penting untuk meningkatkan kepercayaan ini.

Baca juga: Self Development dan 8 Cara Membangunnya

Membangun citra baik bisnis

Ketiga, manfaat etika bisnis adalah membangun citra baik bisnis. Perusahaan bisnis tidak bisa lepas dari faktor citra.

Hal ini dikarenakan citra yang baik akan berdampak pada kehadiran konsumen yang terus meningkat. Ini juga berkontribusi pada perkembangan sebuah perusahaan dan bagaimana mereka bisa sukses mencapai target.

Meningkatkan keuntungan

Terakhir, manfaat etika bisnis adalah meningkatkan keuntungan. Kembali lagi dengan perihal keuntungan, etika bisnis juga dapat membantu mendapatkan keuntungan secara maksimal.

Bagaimana caranya? Berhubungan dengan poin-poin di atas, citra yang baik dapat meningkatkan pelanggan, dari peningkatan maka keuntungan pun otomatis meningkat juga.

Prinsip-prinsip etika bisnis

Prinsip-prinsip etika memiliki landasan dan nilainya masing-masing. Prinsip-prinsip etika bisnis adalah sebagai berikut.

Kejujuran

Prinsip etika bisnis pertama adalah kejujuran. Percaya atau tidak, tetapi kejujuran dapat menjadi kunci keberhasilan perusahaan Anda. Karena kejujuran mencerminkan kualitas dari sebuah perusahaan dan kualitas tersebut nantinya akan berpengaruh pada loyalitas konsumen.

Kesetiaan

Prinsip etika bisnis kedua adalah kesetiaan. Keseriusan dan kesetiaan dapat menjadi tolak ukur bekerja, namun perusahaan juga tetap harus selaras dengan visi dan misi yang dimiliki.

Keadilan

Prinsip etika bisnis ketiga adalah keadilan. Keadilan berbicara tentang siapa saja yang bekerja dan terlibat dalam operasional, karena kontribusi seluruh pihak akan meningkatkan keberhasilan bisnis.

Otonomi

Prinsip etika bisnis keempat adalah otonomi. Prinsip otonomi berhubungan dengan pengambilan keputusan yang dilakukan secara bijaksana. Akan tetapi, tetap mengedepankan aturan, situasi, dan aspek bisnis lainnya. Jadi memang prinsip ini tidak boleh bertentangan karena berhubungan dengan etika perusahaan.

Integritas moral

Prinsip etika bisnis kelima adalah integritas moral. Perusahaan tidak semata harus selalu memperjuangkan nama baik, tetapi juga kepercayaaan. Kepercayaan ini tidak hanya untuk konsumen melainkan termasuk seluruh pekerja di perusahaan.

Saling menguntungkan

Terakhir, prinsip etika bisnis keenam adalah saling menguntungkan. Menerapkan etika pada akhirnya akan menguntungkan semua pihak.

Pelanggaran etika bisnis

Seberapa sering Anda mendengar bisnis yang mencari keuntungan dengan melakukan kejahatan? Atau mengesampingkan etika dan konsekuensi karena untung lebih penting? Cukup sering, bukan? Berikut beberapa kasus pelanggaran etika bisnis yang masih kerap kita temui.

Penipuan dan pencurian

Pertama, penipuan dan pencurian. Di era digital, penipuan dan pencurian semakin mudah untuk dilakukan. Seperti misalnya memanipulasi informasi dan keuntungan, hingga mencuri data pribadi. Hal ini dapat menjadi sangat membahayakan karena privasi individu tidak dipandang dan melakukan modus semakin gampang.

Penyuapan

Kedua, pelanggaran etika bisnis adalah penyuapan. Apapun tindakan yang berhubungan dengan pemberian barang dan duit untuk mendapatkan kepentingan tertentu, dapat disebut sebagai suap. Seperti misalnya menyuap supplier agar tidak melakukan permintaan kompetitor.

Diskriminasi

Ketiga, diskriminasi merupakan pelanggaran. Diskriminasi atau tindakan pengecualian juga sering ditemukan di lingkungan kerja. Biasanya diskriminasi suku, ras, dan agama, yang membuat seseorang dikucilkan.

Perusakan lingkungan

Terakhir, pelanggaran etika bisnis adalah perusakan lingkungan. Banyak yang tidak menyadari pentingnya lingkungan untuk keberlangsungan hidup manusia. Padahal, rusaknya lingkungan dapat menjadi sumber bencana seperti banjir dan tanah longsor.

Contoh etika bisnis

Beberapa contoh etika bisnis adalah sebagai berikut.

Maaf, tolong, dan terima kasih

Contoh pertama dan paling sederhana adalah mengucapkan kata maaf, tolong, dan terima kasih. Kata-kata maaf, tolong, dan terima kasih adalah kata yang penuh makna dan memiliki dampak baik. Apabila salah, ingin meminta bantuan, atau sudah dibantu, jangan segan untuk mengatakan kata-kata ini.

Contoh etika bisnis kedua adalah menunjukkan sikap baik. Ada banyak sikap baik yang dapat dilakukan untuk menunjukkan kualitas dalam diri Anda. Seperti misalnya, berdiri ketika hendak berkenalan, membungkuk, dan tidak menyimpan tangan di saku.

Mengingat nama

Contoh ketiga adalah mengingat nama. Meskipun dianggap sebagai hal kecil, tetapi mengingat nama seseorang memberikan mereka rasa dihargai dan nyaman karena hal tersebut dapat menjadi awal mula dari keakraban Anda dengan seseorang.

Etika bisnis adalah prinsip-prinsip moral yang wajib dalam sebuah perusahaan untuk mengatur bisnis, individu, maupun lingkungan sekitar. Penerapan prinsipnya secara konsisten tentu juga membawa keuntungan bagi sebuah perusahaan. Kunjungi website resmi Clockster untuk artikel menarik lainnya!


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *