Mengenal Apa itu HRIS dan Manfaatnya bagi Perusahaan

hris adalah

Pernahkah Anda mendengar istilah HRIS? Ya, HRIS adalah singkatan dari Human Resources Information System yang berfungsi untuk memudahkan pengelolaan data di suatu perusahaan.

Penerapan HRIS adalah tanggung jawab Human Resource Department (HRD). Di mana, dalam melakukannya, HRD biasanya dibantu oleh penggunaan aplikasi-aplikasi tertentu. Apa saja contoh aplikasi HRIS tersebut? Cek penjelasan lengkapnya di sini.

Apa itu HRIS?

Human Resources Information System atau biasa disingkat HRIS adalah sebuah sistem penyimpanan segala informasi yang berhubungan dengan HR. Dengan adanya HRIS dalam perusahaan, performa kinerja karyawan perusahaan diharapkan dapat menjadi lebih baik.

HRIS adalah teknik yang kini bisa dengan mudah dipenuhi dengan bantuan aplikasi atau software. Melalui aplikasi tersebut, biasanya HR bisa dengan cepat melakukan pengelolaan segala informasi sumber daya manusia dalam suatu company.

Manfaat HRIS

Lantas, apa manfaat HRIS untuk perusahaan? pastinya HRIS adalah metode yang tepat untuk memudahkan tim HR agar tidak kewalahan mengatasi manajemen SDM perusahaan. Ada juga beberapa manfaat HRIS lainnya, seperti:

Kontrol Pegawai Terpusat dan Mudah

Pastinya bukan hanya satu dua orang saja yang menjadi tanggung jawab tim HR. Dlm tim skala besar, HRIS adalah alat yang bisa dengan mudah membantu Anda melakukan monitor karyawan perusahaan.

Automasi Pekerjaan Berpola

Selanjutnya dari manfaat HRIS adalah automasi kegiatan. Dari beberapa pekerjaan yang harus ditanggung tim SDM, jelas ada kegiatan yang sistemnya berulang. Salah satu contohnya adalah penghitungan upah bayaran karyawan.

Dengan bantuan sistem web HRIS, hal tersebut bisa otomatis diatur. Sehingga waktu yang dihabiskan lebih singkat dan pekerjaan lebih cepat selesai.

Fleksibilitas Akses

Pada umumnya, contoh aplikasi HRIS adalah sistem yang terhubung dengan internet. Dalam arti lain, cara kerjanya berbasis dalam jaringan atau online. Karena itu, data yang ada dalam HRIS bisa Anda akses kapan dan dimana saja.

Sarana Komunikasi Perusahaan dan Karyawan

Tidak jarang komunikasi internal antara perusahaan dan karyawan dialokasikan melalui aplikasi HRIS. Hal tersebut karena beberapa contoh aplikasi HRIS adalah portal-portal yang memiliki fitur “chat” bukan hanya statistik kontrol SDM saja.

Produktivitas Meningkat

Dengan cepatnya pekerjaan terkait manajemen SDM, memungkinkan perusahaan untuk segera beralih ke pekerjaan lainnya. Sehingga, manfaat HRIS lainnya adalah meningkatkan produktivitas.

Fitur HRIS yang Umum Ditemukan

Pada dasarnya, memang aplikasi HRIS punya kelebihan dan kekurangan satu sama lain. Namun, ada beberapa fitur yang setidaknya umum muncul dalam sebuah sistem HRIS. Beberapa di antaranya adalah:

Pembayaran Gaji (Payroll)

Payroll merupakan salah satu hal vital dalam perusahaan. Software HRIS biasanya menyediakan fitur Payroll yang memungkinkan Anda menghitung dan mengatur penggajian pegawai.

Waktu Kerja dan Kehadiran

Di samping pembayaran gaji, melihat kualitas kinerja karyawan dari durasi shift mereka dalam sehari juga penting. HRIS adalah aplikasi yang juga umum digunakan untuk memantau hal tersebut.
Sistem akan mencatat mulai dari berapa lama seseorang bekerja, mengambil cuti, hingga absensi mereka. Dengan begitu, HR akan lebih mudah dalam memonitor waktu kerja karyawan.

Penilaian (Evaluasi Pegawai)

Terdapat beberapa contoh aplikasi HRIS yang menyediakan fitur khusus untuk melakukan evaluasi per individu pegawai. Pastinya tolak ukur penilaian tetap menjadi hak perusahaan, namun sistem penilaiannya bisa dibantu dengan HRIS.

Contoh Aplikasi HRIS dan Fiturnya

Dengan kemajuan teknologi seperti sekarang, alternatif penerapan HRIS adalah dengan menggunakan bantuan aplikasi. Berbagai macam fitur yang disediakan contoh aplikasi HRIS bisa mengurangi beban pekerjaan yang banyak.

Di Indonesia sendiri, contoh aplikasi HRIS dengan mudah ditemukan. Clockster hadir sebagai salah satu portal terpercaya untuk mengatasi hal-hal yang berhubungan dengan manajemen HR. Kenali fitur HRIS milik Clockster di bawah ini.

Shifts

Sudah umum bagi sebuah perusahaan untuk mempunyai pegawai dalam jumlah yang banyak. Di samping itu, pekerjaan yang dilakukan juga tidak hanya berputar dalam satu hal saja. Banyak kegiatan yang menjadi tanggung jawab perusahaan.

Dengan begitu, pengaturan shifts dalam company Anda merupakan alternatif yang bisa dilakukan. Fitur Shifts dari Clockster memudahkan Anda untuk mengatur plot dan siapa saja yang termasuk di dalamnya.

Communication

Bukan hanya melakukan manajemen atas karyawan, melalui Clockster komunikasi dua arah antara perusahaan dan karyawan juga bisa terjalin. Anda bisa mencoba melakukan percakapan atau mengunggah news feed perusahaan dalam fitur Communication.

Statistics

Inti dari HRIS adalah kembali lagi pada manajemen pegawai. Adanya diagram statistik akan memudahkan Anda dalam membaca data dan mengontrol kinerja mereka. Selain itu, fitur Statistics juga menyediakan reports yang bisa Anda cek kapan saja.

Payroll

Fitur keempat Clockster adalah Payroll. Dalam fitur ini, mulai dari penerima, jumlah, hingga pengaturan pembayaran gaji lainnya bisa diatur dengan mudah. Tidak hanya itu, elemen dalam gaji seperti tunjangan dan bonus juga bisa diatur.

Itu tadi pembahasan Clockster tentang apa itu HRIS. Bagi seorang tim personalia, terobosan teknologi yang satu ini tentu sangat bermanfaat. Ketahui informasi lebih lanjut tentang fitur HRIS yang disediakan Clockster lewat website dan aplikasi resmi Clockster pada perangkat Anda.


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *