Webinar: Pengaruh Automasi Absensi – Produktivitas Hingga Peningkatan Profit

Automasi Absensi

Pada hari Kamis, 12 Mei 2022, Clockster kembali menggelar webinar. Tema webinar kali ini adalah Pengaruh Automasi Absensi: Produktivitas Hingga Peningkatan Profit.

Para Pembicara

Dalam webinar ini, Clockster mengundang beberapa pembicara. Salah satunya adalah Jupaka, salah satu pengusaha Indonesia, sekaligus influencer. Ia merupakan COO di NAMA Beauty, Direktur Dua Coffee, Sirtanio, dan juga menjadi konsultan di beberapa bisnis.

Yang kedua, Clockster menghadirkan Geta, HR sekaligus General Manager Osadha Medika Gajendra, Bali. Geta memulai karirnya sebagai Marketing dan Business Development.

Pembicara ketiga adalah Asri Fahmiar, Chief HR di PT Trusco Nakayama Indonesia, sebuah perusahaan yang bergerak di bidang trading.

Bagaimana Automasi Absensi Membantu Bisnis?

Ketiga pembicara setuju bahwa terjadi perubahan di dunia kerja akibat pandemi. Untuk menyesuaikan dengan aturan pemerintah, sekaligus bertahan hidup, bisnis mulai beradaptasi dengan sistem Work From Home (WFH), maupun hybrid.

Pada tahun 2022 ini, bisnis mulai membaik dan menunjukkan geliatnya. Namun, sistem WFH masih melekat dan menjadi alternatif baru dalam sistem kerja. Dengan sistem ini, Key Performance Indicator (KPI) karyawan juga mesti diubah. Yakni dengan tidak lagi bergantung sepenuhnya pada kehadiran karyawan di kantor, melainkan pada hasil.

Meskipun begitu, absensi tetap diperlukan untuk menjaga kedisiplinan karyawan. Beberapa bisnis melakukan pelonggaran dengan mengijinkan absensi dari mana saja.

Menurut Geta, sebagai salah satu praktisi HR di bidang kesehatan, automasi absensi dengan fitur GPS membantu untuk memastikan kehadiran karyawan yang sekarang, sebagian besar lebih sering bekerja di lapangan, bukan lagi di dalam klinik.

Absensi digital juga memudahkan untuk karyawan melakukan absensi, karena bisa dilakukan melalui gadget masing-masing. Selain itu, sistem Clockster juga memudahkan staf HRD, karena semua data bisa dipantau secara real-time, tidak perlu tarik data dulu, dan menghemat kertas. Hal ini diamini oleh ketiga pembicara.

Adaptasi Automasi Absensi Dari Manual Ke Digital

Tak bisa dipungkiri bahwa adaptasi dari manual ke digital membutuhkan waktu dan usaha dari semua pihak. Baik Geta maupun Asri merasakan proses tersebut.

Menurut mereka, sebenarnya adaptasi ini cukup mudah berkat interface dan penggunaan Clockster yang mudah dipahami. Meskipun harus menyediakan sedikit waktu untuk menjelaskan pada karyawan, keduanya sama-sama yakin bahwa Clockster sangat mudah digunakan. Ini termasuk untuk karyawan yang tidak terlalu memahami teknologi digital.

Yuk, Lihat Tayangan Ulangnya!

Rekaman webinar telah kami upload ke YouTube, agar semua dapat mengikuti kembali diskusi kami. Silahkan klik link di bawah ini untuk menonton webinar secara lengkap:

Klik di sini untuk menonton webinar.

Semoga bermanfaat!


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *